Ini 7 Efek Samping Konsumsi Gula Berlebih pada Kesehatan

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 05:00 WIB
Konsumsi Makanan Manis Foto: iStock
Jakarta -

Siapa yang bisa menolak nikmat cake cokelat atau es krim stroberi vanila? Namun waspadai bahaya efek samping konsumsi gula berlebih pada kesehatan.

Tapi berapa banyak konsumsi gula disebut berlebih? Mengacu anjuran Kementerian Kesehatan, konsumsi gula maksimal sebanyak 4 sendok makan atau 54 gram per orang per hari. Melebihi dari jumlah ini dan terus dilakukan rutin, ada sederet efek samping konsumsi gula berlebih.

1. Obesitas

Melansir dari Healthline, minuman dengan pemanis seperti soda, jus, dan teh manis mengandung fruktosa atau sejenis gula sederhana.

Konsumsi fruktosa malah meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi glukosa atau jenis gula utama dari makanan bertepung. Kenapa bisa demikian?

Konsumsi fruktosa berlebihan akan mengakibatkan resistensi terhadap leptin. Leptin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh untuk berhenti makan. Bisa dibayangkan saat Anda terus merasa lapar dan menginginkan makanan dengan glukosa sehingga mengakibatkan berat badan meningkat.

Selain itu, konsumsi minuman dengan pemanis tambahan berkaitan dengan peningkatan lemak visceral yakni lemak perut bagian dalam yang berhubungan dengan diabetes dan penyakit jantung.

2. Jerawat

Salah satu bahaya konsumsi gula berlebih adalah jerawat. Ini kerap dianggap persoalan sepele tetapi jerawat yang parah dan muncul di area wajah jelas menurunkan rasa percaya diri dan tidak nyaman.

Melansir dari Medical News Today, studi pada 2018 di China menunjukkan orang yang minum minuman berpemanis tujuh kali per minggu lebih berisiko mengalami jerawat moderat hingga parah. Studi lain pada 2019 menyebut konsumsi gula bisa menurunkan faktor pembentuk mirip insulin, androgen dan sebum yang semuanya berkontribusi pada jerawat.

Sugar, calories in fizzy carbonated soft drinks, cola. Ini 7 Efek Samping Konsumsi Gula Berlebih pada Kesehatan Foto: Thinkstock

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bahaya konsumsi gula berlebih juga bisa mengarah pada peningkatan risiko penyakit jantung. Diet tinggi gula akan mengakibatkan obesitas, peradangan, kadar trigliserida tinggi, tekanan darah lalu semua akan bermuara pada penyakit jantung.

Konsumsi gula terutama dari minuman berpemanis berkaitan dengan aterosklerosis. Penyakit ini ditandai dengan tumpukan plak pada arteri sehingga mengakibatkan penyumbatan aliran darah.

Apa saja efek samping pada kesehatan jika gula dikonsumsi berlebihan setiap hari? Cek jawabannya di SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Gurih Babat Gongso"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com