Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan Pencernaan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 07:00 WIB
Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng
Jakarta -

Labu siam bagus dikonsumsi rutin karena mengandung antioksidan ampuh. Berikut 7 manfaat labu siam untuk kesehatan, salah satunya menyehatkan jantung!

Labu siam atau chayote squash adalah sayuran yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Berasal dari Meksiko, labu siam kini banyak tumbuh di seluruh dunia. Nama lainnya labu mirliton atau chocho.

Di Indonesia, labu siam gampang ditemui. Harganya juga termasuk murah. Labu siam banyak diolah sebagai tumisan, dijadikan isian sayur asem, sayur lodeh, hingga direbus dan dijadikan lalapan.

Teksturnya empuk juicy dengan rasa yang netral. Karakter ini membuat labu siam cocok diolah menjadi beragam hidangan.

Di balik rasanya yang enak, konsumsi labu siam juga bermanfaat untuk kesehatan. Labu siam mengandung beragam nutrisi dan senyawa antioksidan ampuh.

Mengutip Healthline (18/8), berikut 7 manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Kaya nutrisi

Labu siam kaya nutrisi dengan kandungan beragam vitamin, mineral, dan serat. Dalam tiap satu buah labu siam (203 gram) mengandung 39 kkal, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, dan 4 gram serat.

Labu siam juga kaya vitamin C, B9 (folat), K, B6, mineral mangan, zinc, hingga magnesium. Dengan profil nutrisi ini, labu siam juga banyak dipilih sebagai menu harian oleh para pelaku diet.

2. Mengandung antioksidan ampuh

Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan PencernaanTinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Manfaat labu siam didapat dari antioksidan ampuh yang terkandung di dalamnya. Antioksidan bisa mencegah kerusakan sel, mengurangi inflamasi, dan bahkan menurunkan stress.

Labu siam mengandung antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Jumlah paling banyak adalah myricetin yang disebut peneliti bersifat antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi. Labu siam juga sumber vitamin C sangat baik, yang juga bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lobster Mentai Mozzarella yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com