6 Tips Makan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sedang Isoman

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 07:00 WIB
Ibu hamil makan tomat Foto: iStock

3. Tambahkan Biji-Bijian Utuh

Ilustrasi biji-bijianFoto: (pixabay)

Biji-bijian utuh diperkaya akan vitamin B alami. Vitamin B ini dapat menjaga usus agar tetap kuat dan meningkatkan respon imun untuk ibu hamil.

Biji-bijian utuh juga punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak. Menambahkan kacang almond atau mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum menjadi cara yang baik untuk memaksimalkan konsumsi biji-bijian utuh.

4. Rutin Makan Ikan

Seafood punya keistimewaannya sendiri. Kandungan lemak ikan punya mikronutrien yang sangat baik dan memiliki omega 3 yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan lemak pada ikan juga dinilai sebagai kandungan lemak yang lebih sehat. Kandungan lemak ikan ini tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan dan juga penumpukkan yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan.

5. Jangan Lewatkan Sayuran Hijau

sayuranFoto: Thinkstock

Tidak ada makanan yang lebih baik dibandingkan sayuran hijau segar yang ditambahkan ke dalamnya. Sayuran hijau yang masih segar ini sangat perlu dan direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk selalu ditambahkan dalam piring makan.

Konsumsi sayuran hijau juga tidak perlu rumit dan bisa dilakukan secara sederhana. Misalnya dengan membuat salad, jus brokoli, atau tumisan dengan sedikit minyak akan membuat makanan menjadi lebih lezat.

6. Utamakan Zinc dan Selenium

Zinc dan selenium menjadi nutrisi penting yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil. Keduanya merupakan mikronutrien yang punya manfaat baik untuk meningkatkan kekebalan imunitas.

Zinc dan selenium sebenarnya mudah didapatkan pada beragam jenis bahan-bahan makanan. Kedua mikronutrien ini terkandung dengan baik dalam biji-bijian, seafood, telur, buah-buahan serta sayuran.

Baca juga: Ini Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi dan Jenis Makanannya

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com