4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 10:30 WIB
Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah Foto: iStock

4. Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Membersihkan rongga hidung untuk membantu mengembalikan indra penciuman juga penting untuk dilakukan. Cukup dengan menggunakan campuran air dengan garam dikatakan sudah cukup untuk membersihkan rongga hidung.

Bukan hanya bagi penyintas Covid-19 yang mengalami anosmia, membersihkan hidung dengan air garam ini juga bermanfaat untuk penyintas sinusitis atau bagi mereka yang memiliki alergi. Campuran air garam ini dikatakan ampuh untuk membantu mengeluarkan alergen dan gangguan pada rongga hidung.

Membersihkan rongga hidung dengan air garam ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk membersihkan rongga hidung dengan air garam:

1. Campurkan air bersih, boleh air mineral maupun air keran yang sudah dipastikan bersih dan steril, dengan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking soda.

2. Masukkan campuran air tersebut pada botol yang bisa ditekan dan memiliki lubang di bagian atasnya seperti pada botol kecap, saus atau botol cuka.
3. Tundukan sedikit kepala. Siapkan ujung botol pada salah satu rongga hidung.
4. Tekan dengan kuat hingga air keluar dari rongga hidung yang lainnya. Ulangi sebanyak tiga kali pada setiap rongga hidung.
5. Jika dirasa sudah cukup bersihkan dan keringkan sisa air pada hidung dan mulut.
6. Ulangi cara ini sakam beberapa hari. Kira-kira ulangi secara berkala setiap 2 hingga 3 hari sekali.

Baca juga: Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Coba dengan 7 Makanan Ini

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com