4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 10:30 WIB
Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah Foto: iStock

2. Menggunakan Minyak Castor

"Secara alami minyak castor (minyak jarak) telah digunakan sejak lama untuk mengembalikan indra penciuman, hal ini berkaitan dengan komponen aktifnya yaitu asam risinoleat. Asam risinoleat mampu membantu melawan infeksi. Kandungan tersebut juga membantu mengurangi sumbatan pernapasan dan inflamasi yang disebabkan oleh flu atau demam," kata Dr. El Hajj selaku ahli pengobatan Naturopathic.

Dr. El Hajj begitu menyarankan minyak castor bagi penyintas dengan gejala anosmia atau kehilangan indra penciuman. Ia juga mengatakan bahwa minyak castor sudah sejak lama digunakan sebagai bahan herbal yang digunakan oleh para praktisi pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan pernapasan hingga hilangnya indra penciuman.

Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan minyak castor dan hangatkan. Saat suhunya dirasa sudah cukup hangat dan sebelum minyak tersebut mendingin teteskan sebanyak dua tetes pada setiap lubang hidung setiap harinya sebelum tidur. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatasi anosmia dan mengembalikan indra penciuman.

3. Minum Teh Jahe

Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di RumahMengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah Foto: iStock

Jahe memiliki aroma yang sangat bermanfaat untuk melatih pernapasan. Jika tidak memiliki jahe segar, jahe dalam bentuk yang sudah menjadi bubuk sekalipun masih sangat bisa digunakan untuk membantu mengatasi anosmia.

Dr. El Hajj bahkan juga merekomendasikan untuk meminum teh jahe secara rutin selama anosmia. Komponen antiinflamasi yang ada pada jahe dinilai sangat membantu untuk mengembalikan indra penciuman bagi penyintas Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Secara naturopathic, minum teh jahe dapat meredakan inflamasi pada rongga pernapasan, dengan cara mengurangi kotoran yang dapat menghalangi saluran pernapasan dan menyebabkan hilangnya indra penciuman," kata Dr. El Hajj.

Teh jahe bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Cukup kupas jahe segar dan cuci bersih. Kemudianmemarkan satu sendok makan jahe dan seduh pada air panas. Diamkan selama 15 menit kemudian minum hingga habis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com