Vitamin D Penting untuk Covid-19, Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 12:30 WIB
Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur Foto: iStock

3. Kuning telur

Broken egg shells  are at backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/svehlik

Makanan yang mengandung vitamin D ini memang kaya nutrisi. Komposisinya, putih telur mengandung sebagian besar protein, sedangkan lemak, vitamin, dan mineral umumnya ditemukan pada kuning telur.

Kalau kamu mengincar vitamin D, makanlah 1 kuning telur untuk mendapat 37 IU. Jumlah ini memenuhi sekitar 5% kebutuhan harian akan vitamin D.

Kandungan vitamin D pada kuning telur tergantung pada paparan sinar matahari yang didapat ayam dan seberapa banyak kandungan vitamin D pada pakan ayam sebelum bertelur. Kalau mau yang sudah pasti banyak kandungan vitamin D-nya, pilihlah telur yang memang berasal dari ayam yang diberi pakan kaya vitamin D. Biasanya jenis telur kemasan ini diberi keterangan tambahan pada kemasannya.

4. Jamur

Sebagian besar sumber vitamin D memang berasal dari makanan hewani, namun makanan nabati juga ada yang terkenal tinggi vitamin D. Makanan ini adalah jamur.

Jamur bisa tinggi vitamin D karena sifatnya mensintesis vitamin saat terpapar sinar matahari. Namun perlu diperhatikan, vitamin D dari jamur adalah D2, sedangkan dari makanan hewani adalah D3.

Vitamin D2 bersifat menaikkan kadar vitamin D dalam darah, namun tetap tidak seefektif vitamin D3. Tiap 100 gram jamur liar bisa mengandung 2.300 vitamin D2.

5. Makanan fortifikasi

Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontalFoto: iStock

Makanan nabati lain juga mungkin menjadi makanan yang tinggi vitamin D, namun sifatnya adalah yang difortifikasi atau diperkaya. Di pasaran, kamu bisa menemukan susu kedelai dengan kandungan vitamin D. Jumlahnya mencapai 107-117 IU tiap 237 ml.

Lalu ada juga jus jeruk fortifikasi vitamin D yang disukai para pelaku vegan Tiap 237 ml-nya bisa mengandung 100 IU. Pilihan lain adalah sereal dan oatmeal yang difortifikasi vitamin D.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com