5 Makanan Kaya Zat Besi Ini Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 07:00 WIB
Healthy product rich of iron. Natural sources of ferrum. Selective focus Foto: iStock

3. Brokoli

Selain bayam, brokoli adalah makanan kaya zat besi dari golongan sayuran. Satu cup atau sekitar 156 gram brokoli mengandung 1 mg zat besi. Bonus lainnya, brokoli tinggi kandungan vitamin C yang bahkan memenuhi 112% kebutuhan harian akan vitamin C. Vitamin C akan membantu zat besi terserap dengan lebih baik.

Ketika mengonsumsi brokoli, kamu juga akan mendapat asupan serat dan vitamin K. Brokoli merupakan sayuran yang satu keluarga dengan kubis-kubisan seperti kembang kol dan kale. Jenis sayuran ini diyakini mengandung senyawa yang bisa melindungi tubuh dari kanker.

4. Daging merah

alasan kurangi konsumsi daging merahFoto: GettyImages

Konsumsi daging merah kerap dijauhi pelaku hidup sehat, namun sebenarnya makan daging merah dalam jumlah wajar baik untuk kesehatan. Salah satunya mengasup zat besi untuk tubuh.

Tiap 100 gram daging merah giling mengandung 2,7 mg zat besi. Daging merah juga tinggi kandungan protein, zinc, selenium, dan beberapa jenis vitamin B.

Penelitian membuktikan, orang-orang yang rutin makan daging merah, daging unggas, dan ikan memiliki lebih sedikit masalah kekurangan zat besi. Daging merah sendiri sangat dianjurkan konsumsinya untuk penderita anemia karena merupakan sumber zat besi heme.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak 1 Ekor"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com