5 Makanan Kaya Zat Besi Ini Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 07:00 WIB
Healthy product rich of iron. Natural sources of ferrum. Selective focus Foto: iStock
Jakarta -

Makanan kaya zat besi ini bagus dikonsumsi rutin selama masa pandemi Covid-19. Sifatnya menjaga imunitas sehingga tubuh lebih kuat dalam menghadapi 'serangan' virus.

Zat besi adalah mineral yang bertugas membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri punya peranan penting dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Secara keseluruhan, zat besi diperlukan agar tubuh berfungsi maksimal. Beberapa fungsi penting zat besi adalah mengatasi anemia, mengurangi kelelahan yang penyebabnya tidak pasti, menjaga kesehatan otak, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti diketahui, di tengah gelombang pandemi Covid-19 yang kian ganas, kekebalan tubuh sangat penting dijaga. Salah satu caranya melalui pemenuhan kebutuhan zat besi.

Rekomendasi asupan zat besi harian menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019 adalah 24 mg untuk pria dewasa dan 25 mg untuk wanita dewasa. Zat besi bisa didapat dari konsumsi makanan tertentu yang terkenal sebagai sumber zat besi.

Berikut 5 makanan kaya zat besi yang ampuh menjaga imunitas tubuh, menurut Healthline (1/7):

1. Bayam

Sayuran hijau ini terkenal dengan segudang manfaat sehatnya. Terkait zat bes, tiap 100 gram bayam mentah mengandung sekitar 2,7 mg zat besi. Jumlah ini memenuhi 15% anjuran kebutuhan zat besi harian.

Meski zat besi pada bayam tergolong non-heme yang sulit diserap tubuh, bayam juga tinggi kandungan vitamin C. Jenis vitamin ini punya peranan penting dalam mendorong penyerapan zat besi.

Bayam juga tinggi kandungan antioksidan bernama karotenoid yang mengurangi risiko kanker, inflamasi, dan menjaga kesehatan mata. Fungsi karotenoid akan semakin maksimal jika bayam dimakan bersama sumber lemak sehat, misalnya minyak zaitun.

2. Hati ayam dan sapi

Cara Mengolah Hati Sapi yang BenarFoto: iStock

Makanan kaya zat besi ini merupakan makanan favorit banyak orang Indonesia. Hati ayam dan sapi yang kerap dijadikan sambal balado atau sekadar digoreng, ternyata meurpakan sumber zat besi yang baik.

Tiap 100 gram hati sapi, misalnya, bisa mengandung 6,5 mg zat besi. Jumlah ini memenuhi 36% kebutuhan harian akan zat besi. Selain itu, hati ayam dan sapi juga tinggi protein, vitamin B, hingga selenium.

Bonus lainnya dari konsumsi hati ayam dan sapi adalah mendapat asupan kolin. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan otak dan liver.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Whole Chicken Pakai Bakso Goreng Renyah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com