Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bisa Bikin Panjang Umur, Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Jun 2021 07:00 WIB
Young Women Drinking Coffee Concept Foto: Istock


Kopi Menyehatkan Jantung

Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang UmurRutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

"Kaitan antara kafein dan risiko terserang gagal jantung ternyata cukup mengejutkan. Kopi dan kafein sering sekali dianggap sebagai pengaruh buruk bagi orang-orang yang mengalami darah tinggi, tapi sebenarnya mengkonsumsi banyak kafein bisa menurunkan risiko terserang gagal jantung," ungkap David P. Kao, selaku salah satu ketua penelitian ini.

Namun David menekankan bahwa dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan mendalam tentang topik ini. Belum ada bukti akurat apakah konsumsi kopi yang banyak bisa membuat orang lebih panjang umur, namun ada indikasi ke sana dari penelitian yang telah mereka analisa selama bertahun-tahun.

"Belum ada cukup bukti ilmiah untuk merekomendasikan bahwa konsumsi kopi yang tinggi bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Sama seperti saran berhenti merokok, olahraga hingga menurunkan berat badan bisa mengurangi risiko penyakit jantung pada seseorang," jelas David.

Pola Minum Kopi Sehat

People drinking coffee high angle viewPeople drinking coffee high angle view Foto: iStock

Sementara itu Dokter Penny M Kris Etherton, selaku ahli gizi dari The Pennsylvania State University tetap menyarankan orang-orang untuk mengkonsumsi kopi dalam batas wajar. Sekaligus menyesuaikan dan melihat kondisi kesehatan masing-masing.

"Cukup menarik melihat adanya beberapa penelitian yang menyarankan bahwa kopi bisa berkontribusi menurunkan risiko penyakit jantung. Meski belum ada bukti akuratnya, tapi kopi ini bisa dimasukkan ke dalam pola diet sehat atau pola minum kopi yang sehat," tutur Penny.

Tentunya Penny menyarankan bahwa kopi yang sehat, adalah kopi hitam yang tidak ditambahkan bahan lainnya. Seperti susu, krim, pemanis buatan hingga topping lainnya.

"Kesimpulannya, kopi bisa dinikmati selama dikonsumsi dalam batas wajar sebagai pola diet sehat yang seimbang. Konsumsi kopi bisa diiringi dengan sayuran, buah, hingga produk rendah lemak," pungkas Penny.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari pada Tubuh

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com