5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin

Riska Fitria - detikFood Senin, 31 Mei 2021 06:00 WIB
5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin Foto: iStock
Jakarta -

Kopi bisa disajikan dengan dua cara, yaitu panas atau dingin dengan campuran es. Lantas, mana cara yang lebih sehat?

Kopi dikenal sebagai minuman yang kaya khasiat. Kopi kaya akan antioksidan dan kafein yang mampu menambah energi tubuh hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, itu tergantung dengan bagaimana cara penyajiannya.

Selain itu, juga tergantung dengan kondisi tubuh. Sebab jika dibandingkan antara kopi panas dan es kopi, keduanya sama-sama memiliki khasiat. Bagi orang yang sensitif kafein seperti penderita maag bisa memilih es kopi.

Es kopi sendiri juga tengah menjadi tren terutama di kalangan anak-anak muda. Meski begitu, ahli gizi Karin Adoni mengatakan ada beberapa manfaat kesehatan yang signifikan dari minum kopi panas.

Dilansir dari Bastle, berikut 5 manfaat minum kopi hitam vs kopi dingin:

1. Lebih Banyak Antioksidan

5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin Foto: iStock

Kopi panas disebut memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dari kopi yang diracik dengan cara cold brew. Hal tersebut pernah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diterbitkan di Universitas Thomas Jefferson tahun 2008.

Dr Nikola Djordjevic mengatakan bahwa kopi hitam lebih sehat karena kandungan antioksidannya. Sebab ada banyak khasiat yang didapatkan dari antioksidan tersebut. Mulai dari menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, hati, diabetes bahkan kematian dini.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari pada Tubuh

2. Kopi Dingin Mengandung Sedikit Kafein

5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin Foto: iStock

Kafein memang dapat berkhasiat, seperti meningkatkan energi tubuh. Namun, itu tergantung berapa banyak kamu mengonsumsinya. Terlalu banyak mengasup kafein juga bisa berbahaya, terutama bagi penderita maag dan pencernaan.

Kopi dingin atau cold brew memiliki kandungan kafeinnya lebih sedikit. Nah, bagi penderita maag dan pencernaan bisa memilih kopi dingin agar lebih aman. Kafein pada kopi dingin biasanya hanya sekitar 40 mg 100 gram penyajian.

Berbeda dengan kopi panas yang mengandung kafein sekitar 60 mg kafein dalam 100 gram penyajian. Itu dikarenakan proses penyeduhan menggunakan air panas yang kemudian mempengaruhi pHnya.

Kopi dingin biasanyapHnya sekitar 6,31, sementara kopi panaspHnya sekitar 5,48. Semakin kecil angkapHnya, maka semakin asam sifat zatnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com