Minum Racikan Susu dan Madu Saat Sahur Baik untuk Kesehatan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 30 Apr 2021 03:00 WIB
minum susu campur madu saat sahur baik bagi kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Agar puasa tetap berstamina, dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi. Salah satunya rutin mengonsumsi racikan susu dan madu saat sahur.

Makanan dan minuman kaya nutrisi sangat penting dikonsumsi saat sahur. Agar tubuh tetap sehat, walaupun asupan makanan dan minuman berkurang selama puasa.

Makanan kaya vitamin, air, dan serat adalah kunci tubuh tetap sehat selama puasa. Selain itu, ada juga racikan minuman susu dan madu yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Blossom Honey (15/5), racikan susu dan madu ini cocok dikonsumsi saat sahur. Karena keduanya mengandung nutrisi yang penting.

Susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan madu murni mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut jika digabungkan akan memberikan efek yang baik selama berpuasa.

Berikut 4 manfaat racikan susu dan madu yang baik dikonsumsi saat sahur.

1. Kesehatan Kulit

minum susu campur madu saat sahur baik bagi kesehatan.minum susu campur madu saat sahur baik bagi kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Minum susu dan madu secara bersamaan ternyata bisa memberikan efek pada kesehatan kulit. Karena keduanya memiliki sifat antimikroba dan pembersih.

Terbukti dengan banyaknya produk kecantikan wajah dan kulit yang menggabungkan manfaat keduanya. Racikan susu dan madu ini bisa membuat kulit cerah bersinar dan sehat.

Baca Juga: Cara Memilih Menu Sahur dan Buka Puasa dari Ahli Gizi

2. Kesehatan Pencernaan

Madu adalah salah satu sumber prebiotik yang baik. Sehingga mengonsumsinya secara rutin bisa mmeningkatkan kesehatan percernaan. Prebiotik juga telah menunjukkan efek simulasi pada bifidobacteria, sejenis probiotik yang ditemukan dalam susu.

Sehingga kalau susu diracik menggunakan madu dan dikonsumsi rutin selama sahur, maka bisa mengurangi masalah kesehatan pencernaan yang sering timbul saat puasa. Seperti sembelit, kram, dan perut kembung.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com