Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Apr 2021 17:00 WIB
Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan? Foto: Getty Images/peepo
Jakarta -

Saat buka puasa, banyak orang langsung menenggak air dingin atau air es. Dari sisi kesehatan, amankah kebiasaan ini dilakukan?

Membatalkan puasa dengan minum air mineral bagus untuk kesehatan. Sebab air mineral dapat menghidrasi tubuh yang kehilangan banyak cairan setelah seharian berpuasa.

Namun saat buka puasa, banyak orang lebih memilih minum air mineral dalam keadaan dingin. Tak sedikit pula yang menambahkan es batu.

Mereka merasa minum air dingin saat buka puasa lebih menyegarkan. Tenggorokan seakan lebih terpuaskan ketika air dingin melintasinya.

Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan?Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan? Foto: Getty Images/peepo

Selain air mineral dingin, banyak orang juga pilih buka puasa dengan semangkuk es. Ada es campur hingga es buah yang diberi banyak tambahan es batu.

Dari sisi kesehatan, amankah minum air dingin atau air es saat buka puasa? detikfood (16/4) menanyakan hal ini pada ahli gizi Nazhif Gifari yang aktif memberikan edukasi gizi lewat Instagramnya, nazhifgifari.

Nazhif tidak menyarankan minum air dingin saat buka puasa. "Lebih baik air putih hangat karena kalau langsung diberikan air dingin, tubuh akan kaget akibat perbedaan suhu dan berisiko gangguan pencernaan," katanya.

Ia juga mengatakan, minum air dingin saat buka puasa bisa memicu perut kembung dan tidak nyaman. Meski begitu, ada solusi jika kamu ingin tetap minum air dingin.

"Jika ingin tetap mengonsumsi es, maka perlu jeda 30-40 menit, setelah itu silakan dikonsumsi," tutur ahli gizi yang merupakan pendiri Gizi Kebugaran ini.

Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan?Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan? Foto: Getty Images/peepo

Senada dengan Nazhif, dikutip dari detikhealth (28/4/20), ahli penyakit dalam dr Tengku Bahdar Johan, SpPD juga tidak menyarankan minum air dingin saat buka puasa. Ia lebih merekomendasikan air hangat.

Pasalnya minum air hangat saat buka puasa dapat membantu saluran cerna bekerja lebih baik. Aliran di pembuluh darah juga tetap lancar.

Sebaliknya, minum air dingin bisa membuat pembuluh darah jadi menciut. Akibatnya, gerakan peristaltik bisa jadi terpengaruh.

Baca Juga: Minum Air Hangat Vs Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Buka Puasa?

Lalu untuk konsumsi air dingin dan manis saat buka puasa, seperti ragam es dan sirup, Nazhif juga mengingatkan bahaya kesehatan yang mengintai.

Nazhif berujar, "Konsumsi minuman itu kurang bagus untuk kesehatan. Sarannya dibatasi ya (konsumsinya)."

Sebagai alternatif, lebih baik membuat minuman dingin dan manis sendiri di rumah. "Karena kalau sudah dicampur sirup dan susu kental manis, maka cukup tinggi komposisi gulanya berisiko gula darah meningkat dengan drastis," pungkas Nazhif.

Baca Juga: 4 Tips Membuat Es Buah Rendah Kalori dan Lebih Sehat

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com