Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 08:00 WIB
Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Dalam penelitian yang dilakukan, para ahli melibatkan 30 pria sehat yang berusia antara 18 - 45 tahun yang dites dalam lab terpisah dan waktu terpisah selama 7 hari. Penelitian ini juga mengharuskan mereka untuk berpuasa selama 12 jam sebelum sesi pengamatan dimulai.

Pada kunjungan ke lab yang pertama kali, partisipan datang dengan tenang dan diukur fungsi endotelnya. Kemudian mereka juga diukur tekanan darah, detak jantung hingga aliran darahnya.

Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata AhliKonsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Setelah pengamatan pertama, partisipan kemudian diberi minuman cokelat secara teratur. Pada pertemuan selanjutnya mereka diberi minuman cokelat yang tinggi flavonoid sedangkan di pertemuan yang lainnya diberi minuman cokelat yang rendah flavonoid.

Setelah 90 menit, mereka diberikan sebuah tes untuk mengerjakan soal matematika. Hal ini bertujuan untuk memberikan terpaan stres dan melihat efek yang disebabkan oleh konsumsi cokelat yang telah diberikan sebelumnya.

Ketika menjawab pertanyaan yang salah, para peneliti yang mengamati akan membunyikan alarm yang menandakan jawaban mereka salah. Alarm juga dibunyikan ketika mereka telah menjawab 10 kali pertanyaan dengan benar.

Pada menit ke 30 dan ke 90 setelah uji terpaan stres yang diberikan, para peneliti kembali mengukur fungsi endotel dan tekanan darah partisipan. Hasilnya, para partisipan mengalami gangguan fungsi endotel pada menit ke 30 dan menurun secara perlahan hingga menit ke 90.

Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata AhliKonsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Tetapi pada partisipan yang diberi minuman cokelat dengan flavonoid yang tinggi terbukti mengalami gangguan fungsi endotel yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan yang diberi minuman cokelat dengan kadar flavonoid yang lebih rendah.

Sebagai tambahan, cokelat yang mengandung tinggi flavonoid juga berdampak pada meningkatnya aliran darah selama dan sesudah tes terpaan stres dibandingkan dengan cokelat dengan flavonoid yang rendah. Namun kondisi kardiovaskular dan tekanan darah pada kedua kelompok partisipan ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Cokelat Bikin Jantung Sehat

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Pie Cokelat 3 Lapis Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com