Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 08:00 WIB
Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli Foto: iStock
Jakarta -

Kandungan flavonoid pada cokelat terbukti dapat menjaga kesehatan jantung pada pria. Para ahli bahkan telah mengonfirmasi. Seperti ini penjelasannya.

Cokelat dikenal sebagai makanan sehat yang memiliki efek menenangkan setelah dikonsumsi. Banyak orang memilih makan cokelat, terutama ketika sedang memiliki suasana hati yang kurang baik.

Cokelat memiliki kandungan flavonoid yang tinggi yang diketahui dapat membantu produksi serotonin yang meningkatkan perasaan bahagia. Tak hanya itu, ternyata cokelat juga mampu menjaga kesehatan organ tubuh, salah satunya jantung.

Ahli olahraga dan rehabilitasi bahkan telah mengonfirmasi kebenaran efek yang dimiliki oleh cokelat ini. Ia bahkan menyarankan untuk konsumsi cokelat secara rutin, terutama pada pria.

Dilansir melalui Medical News Today (7/4), stres dapat menyebabkan lonjakan aliran darah dan peningkatan detak jantung. Kandungan flavonoid yang terdapat pada cokelat yang mampu menenangkan disebut bisa menekan efek buruk dari stres ini dan menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata AhliKonsumsi Cokelat Bagus untuk Kesehatan Jantung Pria, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang stres akan mengalami peningkatan aktivitas kardiovaskular. Ketika peningkatan aktivitas kardiovaskular ini terjadi, sangat besar peluang seseorang akan mengalami serangan jantung hingga efek terburuknya yaitu meninggal dunia.

Baca juga: Jantung Sehat dan Gairah Seks Naik dengan Konsumsi Cokelat Bubuk

Para peneliti yang berasal dari University of Birmingham di Inggris bahkan telah menjadikan manfaat cokelat ke dalam pertanyaan investigasi yang diteliti. Hingga akhirnya para peneliti menyarankan bahwa minum cokelat yang kaya akan flavonoid beberapa jam sebelum mengalami stres akan meningkatkan aliran darah saat stres terjadi. Cara ini dapat membantu memperbaiki fungsi endotel terutama pada pria di bawah usia 45 tahun.

"Penemuan kami cukup signifikan untuk pola makan setiap hari, bahkan dosis harian untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi berbagai varian makanan yang kaya akan flavonoid, misalnya cokelat, buah berry, pir, hingga cokelat murni," kataRendeiro selaku ahli ilmu olahraga dan rehabilitasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Pie Cokelat 3 Lapis Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com