ADVERTISEMENT

Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 28 Mar 2021 06:00 WIB
Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?
Foto: iStock

4. Wortel

Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat? Foto: iStock

Secara mengejutkan, wortel ternyata mengalami peningkatan manfaat nutrisi setelah dimasak. Kandungan beta karoten yang begitu tinggi membuat wortel justru lebih efektif saat sudah dimasak.

Wortel yang telah direbus bahkan dikatakan akan memiliki kandungan beta karoten yang semakin tinggi. Jika kamu merebus wortel bersamaan dengan kulitnya sekalipun, kandungan antioksidan akan ikut meningkat tajam.

5. Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Tetapi menurut penjelasan dokter, setelah dimasak bayam akan lebih banyak memberikan kalsium dan zat besi.

Hal ini terjadi karena bayam diperkaya oleh asam oksalat yang mencegah penyerapan zat besi dan kalsium. Saat dimasak asam oksalat ini akan hancur dan membuat tidak ada lagi yang mencegah zat besi dan kalsium untuk diserap.

6. Keju

perbedaan natural cheese dan processed cheeseperbedaan natural cheese dan processed cheese Foto: iStock / detikFood Diah Afrilian

Keju memang menjadi sumber protein yang sangat baik. Tetapi ternyata tiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda bahkan ada yang memiliki lebih banyak manfaat dibanding jenis yang lainnya.

Contohnya,mozarella memiliki kadar sodium dan kalori yang lebih banyak dibandingkan keju yang lainnya. Sedangkan ada blue cheese yang memiliki kalsium lebih tinggi dibandingkan keju lainnya tetapi mungkin akan terlalu asing bagi beberapa orang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT