Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 28 Mar 2021 06:00 WIB
Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat? Foto: iStock
Jakarta -

Sebuah bahan makanan bisa memiliki kandungan nutrisi berbeda saat dalam kondisi mentah dan matang. Mana yang lebih sehat? Seperti ini penjelasannya.

Bahan makanan terutama buah dan sayuran memiliki nutrisi, vitamin dan mineralnya masing-masing. Kandungan ini tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Ternyata, bahan makanan tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda jika diolah dengan cara yang berbeda. Misalnya ketika makanan tersebut masih mentah dan setelah matang.

Beberapa bahan makanan bahkan memiliki nutrisi yang lebih bermanfaat ketika sudah diolah atau matang, termasuk buah dan sayuran. Bahkan buah-buah seperti yang biasa mudah ditemukan seperti pisang hingga buah bit.

Dilansir melalui Brightside, berikut ini 8 buah dan sayuran yang punya nutrisi berbeda saat mentah dan matang:

1. Pisang

Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat? Foto: iStock

Bagi penyintas diabetes, konsumsi pisang yang masih mentah atau belum terlalu matang sangat disarankan. Mengingat pisang dalam keadaan yang belum begitu matang cenderung menyimpan lebih sedikit gula.

Sedangkan, pisang akan mulai memiliki pati yang memproduksi gula secara banyak ketika mereka sudah terlalu matang. Selain itu, pisang yang sudah matang ini juga memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan pencernaan karena akan lebih mudah dicerna dibandingkan pisang yang masih mentah.

2. Jamur

Hal ini mungkin jarang diketahui, tetapi jamur yang masih segar dengan jamur yang sudah dimasak memiliki perbedaan nutrisi yang cukup signifikan.

Jamur yang masih segar memiliki kandungan vitamin B yang sangat banyak. Sedangkan pada jamur yang sudah dimasak atau diolah memiliki kadar toksin yang jauh lebih rendah sehingga meminimalisir kemungkinan untuk keracunan makanan.

3. Tomat

Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat?Buah dan Sayuran Mentah Vs Matang, Mana yang Lebih Sehat? Foto: iStock

Tomat, baik dalam kondisi segar atau sudah diolah, memiliki manfaat yang sama baiknya. Bahkan setelah bentuknya sudah tak seperti buah lagi kandungannya masih tetap sama bagusnya.

Baca juga: Manfaat Makan Buah, Peneliti Sebut Bisa Turunkan Risiko Depresi di Kalangan Remaja https://food.detik.com/info-sehat/d-5500245/manfaat-makan-buah-peneliti-sebut-bisa-turunkan-risiko-depresi-di-kalangan-remaja

Tomat segar mengandung banyak vitamin C dan A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata. Sedangkan tomat yang sudah dimasak justru mengandung lebih banyaklikopen dan antioksidan yang lebih tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com