8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 07:00 WIB
Mojito garnished with mint and limes. Foto: Istock
Jakarta -

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air dapat membuat kamu mengonsumsi air lebih banyak.

Tubuh membutuhkan air untuk bertahan hidup dan cukup minum sangat penting untuk menjaga kesehatan yang optimal. Air memastikan tubuh manusia terhidrasi dengan cukup. Orang tetap terhidrasi dengan minum cairan dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis dan menjaga kesehatan kulit karena tinggi antioksidan dan juga vitamin C.

Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu buah jeruk nipis mengandung 19,5 miligram vitamin C yang merupakan 20-25 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Ini juga dikemas dengan banyak kalsium, magnesium, fosfor dan kalium serta vitamin A, E dan K yang semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Mengurangi kerutan

Vitamin C tidak hanya dapat melawan flu. Vitamin C juga dapat membantu produksi kolagen, protein yang membuat kulit, rambut dan kuku yang kuat. Kamu membutuhkan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan kerutan.

Manfaat air jeruk nipis dapat membantu kamu mengonsumsi minuman lebih banyak.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menghilangkan kerutan, vitamin C juga dapat membantu melindungi dari penyakit jantung koroner dengan mengurangi kemampuan radikal bebas untuk merusak dinding sel.

The University Health News Daily juga mencatat bahwa jeruk nipis mengandung kalium yang menurunkan tekanan darah dengan melepaskan beberapa ketegangan yang ditahan oleh pembuluh darah.

Natural fresh ripe lime or in indonesia called jeruk nipisNatural fresh ripe lime or in indonesia called jeruk nipis Foto: Istock

4. Mencerahkan kulit

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang digunakan dalam produk perawatan kulit untuk memulai pengelupasan dan pertumbuhan kembali kulit. Setelah mencuci muka dengan pembersih ringan, peras sedikit air jeruk nipis ke dalam wadah dan celupkan kapas ke dalam air jeruk nipis dan oleskan pada wajah.

Biarkan jus selama 5-10 menit lalu bilas hingga bersih. Saat diterapkan dua hari sekali, kamu akan melihat perubahannya.

5. Mempromosikan penurunan berat badan

Ahli gizi sering merekomendasikan minum segelas air dengan makanan untuk membantu mencegah makan berlebih.

Dilansir dalam Medical News Today, air jeruk nipis memiliki manfaat tambahan. Asa, sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme seseorang, membantu mereka membakar lemak lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Mojito garnished with mint and limes.Mojito garnished with mint and limes. Foto: Istock

6. Kurangi peradangan

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu mereka yang menderita radang sendi. Seperti yang dicatat oleh Meenakshi Nagdeve, direktur organicfacts.net, beberapa jenis artitis disebabkan oleh penumpukan asam urat.

Penumpukan ini yang biasanya dikeluarkan oleh ginjal, menyebabkan pembengkakan dan pembengkakan itu dapat menyakitkan persendian. Tetapi asam sitrat mampu melarutkan asam urat sehingga dapat mengurangi peradangan sendi.

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis juga merupakan antiperadangan yang mengurangi pembengkakan pada persendian dan di sekitar tubuh.

7. Menurunkan gula darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan gula darah pagi dan setelah makan. Meskipun penelitian difokuskan pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C, kesimpulannya menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk meningkatkan kadar gula darah seseorang.

8. Mencegah anemia

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang lainnya adalah mencegah anemia. Salah satu jenis anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi yang mengurangi jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, zat yang memungkinkan sel membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tetapi vitamin C jeruk nipis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, meningkatkan hemoglobin dan mengurangi gejala anemia.



Simak Video "4 Komitmen Pemerintah untuk Cegah Anemia pada Remaja Putri"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com