Sudah Diet Tetapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ini 7 Penyebabnya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 15 Mar 2021 11:30 WIB
ketogenic diet with nutrition diagram,  low carb,  high fat healthy weight loss meal plan Foto: iStock
Jakarta -

Ketika sudah berusaha diet dengan keras tapi berat badan tak kunjung turun. Bisa jadi karena 7 hal yang menghambat penurunan berat badan ini.

Mendapatkan berat badan yang ideal bukan hanya sekadar keperluan untuk mendukung penampilan. Tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak cara diet atau pengaturan pola makan yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi tidak semua pelaku diet akan langsung berhasil.

Selain mengatur pola makan, asupan dan porsi makan, ternyata ada hal-hal lain yang harus diperhatikan agar diet berjalan efektif. Berat badan yang tak kunjung turun bisa saja disebabkan oleh kesalahan asupan.

Berikut ini 7 alasan mengapa berat badan tak kunjung turun menurut Very Well Fit (16/4):

1. Tidak Memperhatikan Kalori

Cara Menghitung KaloriSudah Diet Tetapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ini 7 Penyebabnya Foto: Getty Images/staticnak1983

Pada makanan sehat sekalipun akan masih mengandung kalori. Memilih makanan yang bergizi dan selalu memerhatikan keseimbangan kandungannya menjadi hal yang paling utama yang harus dilakukan untuk keberhasilan diet.

Bahkan jika dihitung kalori dalam semangkuk salad bisa mencapai 800 kalori. Perlu diingat bahwa penurunan berat badan adalah perhitungan antara kalori yang masuk dengan jumlah kalori yang keluar.

2. Tidak Menghitung Bahan Tambahan

Selain bahan utama dalam hidangan makanan. Bahan pelengkap dan tambahan hidangan harus dihitung kalori dan nutrisinya.

Misalnya, ketika menambahkan 1 sendok makan saus tomat saja sudah bisa menambahkan 20 kalori. Jika ini dibiarkan, tanpa sadar kamu mungkin akan menambahkan 1-2 sendok makan saus tomat atau bahkan mayonaise yang bisa menambahkan 90 kalori.

Baca Juga: Gagal Turunkan Berat Badan? Mungkin Ini Penyebabnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com