7 Cara Mengurangi Konsumsi Daging yang Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 12 Mar 2021 07:00 WIB
7 Cara Mengurangi Konsumsi Daging yang Gampang Ditiru Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak
Jakarta -

Kesadaran akan pola makan sehat semakin meningkat. Banyak orang yang mulai mengurangi asupan hewani dan beralih ke bahan nabati. Berikut ini cara mudah mengurangi konsumsi daging.

Sebuah penelitian menunjukkan begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan memangkas asupan hewani, bahkan hanya dengan mengurangi sebagian porsinya dan tidak perlu menjadi vegetarian.

Dikenal dengan flexitarian atau semi-vegetarian, dua pola makan ini berpedoman pada asupan bahan nabati yang lebih banyak dari bahan hewani.

Kedua pola makan minim daging ini disebut dapat meningkatkan mikrobiota yang sehat dan lebih beragam pada usus. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi pencernaan dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7 cara mengurangi konsumsi daging yang telah dirangkum melalui Self (22/1) berikut bisa kamu ikuti:

1. Bikin rencana

7 Cara Mengurangi Konsumsi Daging yang Gampang Ditiru7 Cara Mengurangi Konsumsi Daging yang Gampang Ditiru Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Rencanakan dan tanamkan dalam pikiran dengan baik bahwa kamu akan mulai mengurangi konsumsi daging. Perencanaan bukan hanya sekadar menyusun menu, melainkan juga mengubah pola pikir yang merupakan faktor penting untuk memperkuat komitmen.

Setelahnya, mulai rencanakan menu harian, dari sarapan hingga makan malam. Usahakan perhatikan keseimbangan asupan antara karbohidrat dan protein nabati.

2. Mulai dengan Satu Hari dalam Seminggu

Jangan terlalu berusaha ekstra di awal. Coba lakukan perubahan pola makan dengan perlahan dan membiasakan diri.

Buat 1 dari 7 hari dalam seminggu dimana kamu tidak akan makan produk hewani. Misalnya pada hari Rabu kamu akan mengkonsumsi asupan makanan full nabati dan normal di hari lainnya.

Baca Juga: Kurangi Makan Daging, Hidup Lebih Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com