Ikuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RS

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Mar 2021 13:30 WIB
Apakah Kopi Bisa Mengatasi Sembelit? Berikut Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge

Masuk ICU karena gemetar dan jantung berdebar

Untuk kasus dirawat di ICU, dialami seorang netizen yang enggan disebutkan namanya. Ia menceritakan ikut diet Tya Ariestya baru satu minggu. Awalnya tak ada masalah, namun di hari ke tujuh ia merasakan badannya gemetar.

"Tapi saya ga sadar kalau itu adalah suatu 'alarm' bahwa ada yang ga beres," tulisnya dalam grup Facebook "DIET ALA TYA ARIESTYA".

Ia mengabaikan rasa gemetar itu hingga keesokan harinya jantungnya berdebar kencang. Ia juga merasakan sesak di tenggorokan dan seperti mau pingsan.

Akhirnya ia memutuskan untuk periksa ke dokter. Hasil pemeriksaan EKG menunjukkan ritme jantungnya sangat cepat dan tidak normal. "Selain itu, di situ juga muncul hasil bahwa tubuh saya kekurangan komponen-komponen penting nutrisi yang seharusnya didapatkan dari makanan, seperti kalium, magnesium, dan lainnya."

Karena hal ini, ia juga menjalani berbagai pemeriksaan hingga sempat masuk ke ruang ICU. Ia lantas mengingatkan para pelaku diet lain agar mau 'mendengar' kondisi tubuhnya sendiri saat jalani diet.

"Sesuatu yang cocok dan bisa diaplikasikan ke orang lain, belum tentu cocok di tubuh kita. Selalu perhatikan tanda dari tubuh kita, jangan abaikan itu sebelum menjadi semakin berisiko tinggi," ujarnya.

Ia juga mengatakan pengalamannya ini diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi pelaku diet lain. "Mohon maaf, bukan mau menjelekkan atau apa," katanya.

Sulit Buang Air Besar (BAB)

Ikuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RSIkuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RS Foto: Twitter @gizipedia_id

Efek samping lain yang dirasakan pelaku diet Tya Ariestya adalah sulit BAB. Bahkan tidak BAB sampai 8 hari dianggap wajar oleh pelaku diet ini.

Misalnya admin grup Facebook "DIET ALA TYA ARIESTYA" yang mengatakan sulit BAB berhari-hari masih dalam batas wajar karena mereka mengonsumsi sedikit makanan.

Ia bahkan pernah tidak BAB selama 8 hari. Ia lantas meyakinkan para pemula diet Tya Ariestya untuk tidak mengkhawatirkan efek samping ini.

Selain sulit BAB, efek samping lain yang dirasakan adalah BAB berdarah. Pasalnya BAB yang dihasilkan jadi lebih keras.

Melihat hal ini, admin @gizipedia_id mengatakan hal ini sama sekali tidak wajar, "Bisa jadi itu akibat infeksi saluran pencernaan," tulisnya.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com