Ikuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RS

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Mar 2021 13:30 WIB
Apakah Kopi Bisa Mengatasi Sembelit? Berikut Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge
Jakarta -

Diet Tya Ariestya masih jadi perbincangan setelah bukunya mendapat kritik tajam. Sebelumnya, beberapa pelaku diet ini mengungkap rasakan efek samping seperti sulit BAB dan harus dirawat di rumah sakit.

Banjir kritik terhadap diet Tya Ariestya bermula dari utas akun Twitter @gizipedia_id mengenai kejanggalan diet ini dari segi ilmu gizi. Utas ini diunggah pada 2 Maret 2021.

Adapun sosok di balik @gizipedia_id adalah tiga ahli gizi yaitu Hafizha Anisa, S.Gz, Yusrina Husnul, S.Gz dan Ayu Fauziyyah, S.Gz. Ketiganya kini tengah mengambil pendidikan profesi dan magister gizi, seperti dikutip dari Wolipop (3/3).

Mereka meluruskan beberapa hal yang diklaim dari buku diet Tya Ariestya. Salah satunya, makanan berserat mengganggu bakteri baik dalam tubuh. Faktanya hal ini tidak benar karena cara kerja serat pangan bukan seperti ini.

Lalu klaim keliru lain adalah soal "bakteri baik yang terganggu tidak menyerap nutrisi penting dari lambung dan usus" dan "makanan berserat menyebabkan perut kembung dan diare pada beberapa orang." Menurut mereka klaim tersebut tidak tepat dari sisi ilmu gizi.

Ikuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RSIkuti Diet Tya Ariestya, Netizen Alami Sulit BAB sampai Dirawat di RS Foto: Twitter @gizipedia_id

Baca Juga: Viral Kritik Ahli Gizi Pada Diet Tya Ariestya yang Bikin Berat Turun 25 Kg

Sayangnya banyak orang telah mengikuti panduan diet ala Tya Ariestya tanpa berkonsultasi dengan ahli gizi ataupun ahli diet. Kebanyakan mereka 'merancang' sendiri pola diet ini karena tergiur melihat efek penurunan berat badan Tya yang banyak.

Akibatnya tak sedikit pelaku diet ini yang alami efek samping. Hal ini terlihat dari unggahan mereka dalam grup Facebook "DIET ALA TYA ARIESTYA" yang sudah punya lebih dari 36 ribu anggota.

Grup ini bukan dibuat oleh Tya, melainkan seorang netizen yang menjalani pola diet ini. Isinya mengenai informasi seputar diet Tya Ariestya yang dijalani banyak anggotanya.

detikfood telah meminta izin mengutip utas @gizipedia_id (3/3). Diketahui bahwa beberapa pelaku diet ini mengalami efek samping yang cukup serius. Misalnya sembelit, rambut rontok, sariawan, hingga dirawat di ICU.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com