5 Fakta Matcha dan Manfaat Sehatnya Bagi Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 11:00 WIB
fakta dan manfaat matcha Foto: iStock
Jakarta -

Matcha sangat populer dan umum dikonsumsi di Jepang. Minuman ini juga disebut sebagai 'superfood' karena manfaat sehatnya bagi tubuh.

Selain teh hijau, matcha juga dikenal sebagai minuman sehat untuk tubuh. Karena, matcha juga mengandung zat antioksidan yang tinggi untuk menjaga imunitas tubuh.

Matcha sangat populer di Jepang. Minuman yang terbuat dari bubuk teh hijau ini memiliki aroma khas dan rasanya cenderung pahit.

Tak hanya jadi minuman sehat, bubuk matcha juga sering dijadikan campuran pada dessert. Seperti kue, es krim, mochi, dan lainnya.

Dilansir dari Plant Based News (18/2), berikut fakta matcha dan manfaat sehatnya:

1. Apa Itu Matcha?

fakta dan manfaat matchafakta dan manfaat matcha Foto: iStock

Matcha adalah minuman bubuk teh hijau yang populer di Jepang. Padahal, teh hijau itu asalnya dari China. Namun, setelah diperkenalkan ke Jepang pada tahun 1911 teh hijau jadi kurang terkenal di China.

Bahkan, banyak orang lebih mengetahui kalau asal teh hijau dari Jepang. Tradisi minum teh di Jepang masih terus berlangsung, teh yang disajikan adalah teh hijau.

Tak hanya teh hijau yang bening saja, tetapi bubuk teh hijau yang dikenal dengan nama matcha. Matcha dinilai lebih berkhasiat tinggi karena seluruh bagian daunnya diolah.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya https://food.detik.com/info-sehat/d-5231241/manfaat-teh-hijau-untuk-diet-begini-aturan-minumnya

2. Matcha Kaya Zat Antioksidan

fakta dan manfaat matchafakta dan manfaat matcha Foto: iStock

Matcha bisa dikonsumsi rutin untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini dikarenakan matcha memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Zat antioksidannya berasal dari senyawa polifenol yang mengandung katekin epigallocatechin gallate.

Senyawa ini berperan menjadi zat antioksidan kalau kamu menyeduh matcha secara tepat. Matcha idealnya diseduh pada suhu 100 derajat Celcius selama 5-10 menit.

Hasilnya adalah produksi polifenol yang tinggi dan bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Zat antioksidan yang tinggi juga berguna dalam melawan risiko kanker pada tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mantap! Minuman Susu Kekinian Ini Punya Banyak Khasiat Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com