7 Makanan Rekomendasi Para Ahli untuk Atasi Kecemasan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 08:00 WIB
Close up unhappy woman feeling unwell, lying on pillow in bed, suffering from strong headache, migraine or insomnia, health problem, depressed upset young female touching head, crying Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Kecemasan yang timbul akibat stres dialami banyak orang hingga menimbulkan efek negatif. Berikut 7 makanan yang direkomendasikan para ahli untuk atasi kecemasan secara alami.

Kecemasan merupan kondisi normal yang dialami tubuh ketika menghadapi stres atau gugup. Misalnya saat wawancara pekerjaan, presentasi di depan teman-teman, atau saat akan mengikuti sebuah pertandingan.

Saat stres mulai datang dan diikuti dengan kecemasan, hal ini sebenarnya normal asal hanya berlangsung dalam tempo singkat. Tetapi kecemasan berlanjut yang berkepanjangan akan dapat memberikan efek negatif pada kesehatan.

Hormon stres seperti kortisol sangat merugikan kesehatan dan beberapa hormon lainnya yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan stres. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar orang yang stres akan memilih makan enak untuk membuat mereka merasa lebih nyaman.

Sebagai solusi, berikut ini 7 makanan rekomendasi para ahli untuk atasi kecemasan secara alami. Informasinya dirangkum dari Food NDTV (15/2) seperti berikut:

1. Karbohidrat Kompleks

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikFoto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari biji-bijian. Karbohidrat kompleks akan memastikan energi masuk ke aliran darah dengan baik dan mencegah perasaan semakin menjadi lebih buruk.

Karbohidrat juga diketahui dapat meningkatkan serotonin pada otak yang bisa menimbulkan hormon kesenangan. Karbodhirat kompleks ini bisa didapat dari konsumsi oat, gandum utuh, quinoa dan bahan makanan lainnya.

2. Buah yang Asam

Buah yang asam mengandung vitamin C yang sangat banyak yang dapat mengendalikan stres dengan baik. Vitamin C terbukti dapat mengurangi stres fisik dan mental dengan mencegah kenaikan tingkat kortisol.

Kortisol menjadi hormon yang akan dilepaskan ketika kamu merasa stres bahkan bisa menjadi berkepanjangan. Asupan vitamin C dapat mencegah peningkatkan kortisol yang menyebabkan stres berkepanjangan dan bisa memicu gangguan kesehatan secara fisik.

Baca Juga: Redam Rasa Cemas dengan Perbanyak Konsumsi 7 Makanan Ini

3. Makanan Kaya Magnesium

Magnesium adalah mineral yang bisa mengurangi fungsi otak yang dapat memperburuk kecemasan. Sayuran berdaun hijau menjadi salah satu bahan makanan mengandung magnesium yang cepat meredakan kecemasan.

Bayam juga bisa menjadi pilihan sayuran yang bisa memberikan ketenangan. Selain itu, magnesium juga bisa memperbaiki inflamasi yang ditimbulkan akibat efek samping kecemasan.

4. Makanan Tinggi Zinc

Diet telur rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Mineral seperti zinc diketahui dapat membantu tubuh berdamai dengan stres. Zinc juga merupakan mineral penting untuk kesehatan saraf.

Saraf yang sehat dan terhubung dengan otak dapat menenangkan tubuh. Saat tubuh kita menjadi lebih tenang, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Makanan tinggi zinc antara lain daging sapi, telur, susu, kentang, hingga keju.

5. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega 3 memiliki kemampuan untuk mengatasi stres oksidatif. Asam lemak omega 3 dikaitkan dengan pengendalian kecemasan dengan cara meningkatkan fungsi otak.

Omega 3 bisa didapatkan melalui konsumsi ikan berlemak sehat seperti salmon, kacang walnut dan biji flax. Tidak perlu konsumsi dalam jumlah berlebihan, porsi cukup akan lebih baik.

6. Minum Teh

Teh menjadi minuman yang dapat menenangkan seseorang dan membuat lebih bahagia. Daun teh, terutama teh hijau, membantu menenangkan saraf karena kaya akan antioksidan.

Teh seperti chamomile secara khusus digunakan untuk menenangkan dan membantu tidur yang lebih baik. Efek serupa juga bisa didapatkan dengan konsumsi teh akar valerie dan passionflower.

7. Coklat dan Kopi

5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar setelah Minum KopiFoto: iStock

Baik coklat atau kopi memiliki manfaat yang sangat baik untuk memberikan energi dan menenangkan. Pada kakao atau coklat hitam yang mengandung 70% flavonoid dapat memperlancar aliran darah yang akan mengoptimalkan kerja jantung dan fungsi otak.

Biji kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya memproduksi energi tambahan, kopi juga bisa membangkitkan perasaan menjadi lebih positif untuk mengatasi kecemasan.

Baca Juga: Galau dan Cemas? Anda Perlu 10 Asupan Ini untuk Mengatasinya

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com