7 Makanan Rekomendasi Para Ahli untuk Atasi Kecemasan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 08:00 WIB
Close up unhappy woman feeling unwell, lying on pillow in bed, suffering from strong headache, migraine or insomnia, health problem, depressed upset young female touching head, crying Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

3. Makanan Kaya Magnesium

Magnesium adalah mineral yang bisa mengurangi fungsi otak yang dapat memperburuk kecemasan. Sayuran berdaun hijau menjadi salah satu bahan makanan mengandung magnesium yang cepat meredakan kecemasan.

Bayam juga bisa menjadi pilihan sayuran yang bisa memberikan ketenangan. Selain itu, magnesium juga bisa memperbaiki inflamasi yang ditimbulkan akibat efek samping kecemasan.

4. Makanan Tinggi Zinc

Diet telur rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Mineral seperti zinc diketahui dapat membantu tubuh berdamai dengan stres. Zinc juga merupakan mineral penting untuk kesehatan saraf.

Saraf yang sehat dan terhubung dengan otak dapat menenangkan tubuh. Saat tubuh kita menjadi lebih tenang, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Makanan tinggi zinc antara lain daging sapi, telur, susu, kentang, hingga keju.

5. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega 3 memiliki kemampuan untuk mengatasi stres oksidatif. Asam lemak omega 3 dikaitkan dengan pengendalian kecemasan dengan cara meningkatkan fungsi otak.

Omega 3 bisa didapatkan melalui konsumsi ikan berlemak sehat seperti salmon, kacang walnut dan biji flax. Tidak perlu konsumsi dalam jumlah berlebihan, porsi cukup akan lebih baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com