5 Herba China Untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 06:30 WIB
herba china masuki pasar eropa Foto: Thinkstock
Jakarta -

Apakah pengobatan tradisional China bisa mengatasi masalah seks? Karena seksualitas jadi bagian penting dari hidup dan bisa jadi pemicu konflik rumah tangga.

Menanggapi hal ini, Ursula Muntean-Rock, kepala tenaga medis di hotel Original FX Mayr di Austria, mengatakan bahwa kesehatan seksual didukung beragam hal termasuk memperhatikan pola makan juga pengobatan jika diperlukan.

"Pengobatannya bukan dengan cula badak, maaf bukan itu. Pengobatan tradisional China akan berfungsi menguatkan 'chi' (energi). Dan ini bukan sesuatu yang instan, perlu waktu," ujar Muntean-Rock saat webinar bersama Sangha Retreat by Octave Doctor, Senin (8/2).

Akan tetapi dalam ilmu pengobatan China dikenal beberapa jenis bahan untuk meningkatkan gairah seks alias afrodisiak.

Afrodisiak merupakan makanan atau minuman yang diklaim bisa meningkatkan gairah seksual. Apa saja? Dikutip dari CNN Indonesia (11/2) berikut ini daftarnya


1. Goji berry

Goji berry alias Lycium barbarum populer sebagai 'super fruit'. Melansir dari Time Out, buah satu ini dikenal memiliki berbagai manfaat termasuk meningkatkan 'kinerja' Anda di ranjang.

Goji berry disebut mampu meningkatkan dorongan seks dan kesuburan karena mampu meningkatkan kualitas sperma.

Goji berry biasanya didapat di pasaran dalam kondisi kering. Melansir berbagai sumber, dalam 28 gram (5 sendok makan) goji berry mengandung protein (4 gram), lemak (0,1 gram), karbohidrat (21,6 gram), serat (3,6 gram), gula (21,8 gram), zat besi (11 persen dari kebutuhan harian), vitamin A (501 persen dari kebutuhan harian), dan vitamin C (15 persen dari kebutuhan harian.

Kandungan vitamin A yang tinggi membuat goji berry turut mendukung kesehatan mata dan penglihatan.

2. Ginseng

Melansir berbagai sumber orang China sejak lama menganggap ginseng memiliki kekuatan mistik. Ada yang mengatakan ginseng bermanfaat untuk tubuh karena akarnya mirip manusia.

Tak hanya untuk pria, ginseng juga bermanfaat untuk wanita. Bahan aktifnya bertindak seperti steroid yang disebut 'ginsenosides'. Ginseng pun kerap dikaitkan dengan seksualitas seperti meningkatkan dorongan seksual, stamina, serta melawan disfungsi ereksi.

Sarang Burung Walet Harta Karun RISarang Burung Walet Foto: iStock

3. Sarang burung

Perayaan malam tahun baru China biasanya diisi dengan makan malam bersama keluarga. Sajian makan malam bakal istimewa dengan kehadiran sup sarang burung.

Sarang burung ini dari air liur burung walet. Santapan sarang burung tak hanya lezat tetapi juga mendatangkan aneka manfaat seperti, kecantikan kulit, sistem pencernaan, fungsi kognitif juga libido.

4. Horny goat weed

Dari namanya, tentu sudah terlintas fungsinya. Legenda menyebut 2.000 tahun lalu petani China melihat kambingnya lebih banyak beranak-pinak setelah memakan ramuan ini.

Dalam pengobatan tradisional China, horny goat weed dikenal dengan istilah 'yin yang huo'. Tumbuhan ini digunakan untuk mengatasi problem seksual khususnya disfungsi ereksi dan dorongan seksual rendah.

Horny goat weed mengandung zat kimia yang bisa meningkatkan aliran darah dan meningkatkan fungsi seksual.

Kandungan phytoestrogen atau zat kimia yang bertindak seperti hormon estrogen, yang mungkin bisa mengurangi risiko keropos tulang setelah masa menopause.

5. Cordyceps

'The Classic Herbal of the Divine Ploughman' yang ditulis pada 200 SM jadi buku referensi pertama seputar cordyceps. Ini merupakan spesies jamur yang sangat langka di dataran tinggi Tibet dan China Barat Daya.

Bentuknya menyerupai ulat sebab cordyceps adalah jamur yang tumbuh di ulat sutera Tibet. Saat tumbuh, spora membanjiri hewan, membunuhnya, dan bertunas dari bangkainya yang mati.

Tonik dari cordyseps dikatakan mampu meningkatkan stamina, vitalitas dan produksi testosteron.



Simak Video "Patin Bakar Pedas dan Genjer Oncom yang Nikmat Buat Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com