Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 05:00 WIB
Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Saat diet, waktu makan penting diperhatikan supaya penurunan berat badan bisa maksimal. Seperti ini jam makan diet yang benar menurut pakar.

Kunci penurunan berat badan bukan sekadar mengatur porsi makan dan membatasi asupan kalori, melainkan juga menikmati makanan di waktu yang tepat.

Dikutip dari Good To (8/2), peneliti menemukan kalau pemilihan waktu makan ternyata punya dampak besar dalam usaha penurunan berat badan.

Mereka mengungkap kapan waktu terbaik untuk menikmati sarapan, makan siang, dan makan malam saat seseorang ingin kurus.

Jam makan diet yang disarankan

Untuk sarapan, jam makan diet yang disarankan adalah pukul 07.00, tepatnya pukul 07.11. Lanjut ke makan siang, usahakan tidak terlalu telat menyantapnya.

Jam makan diet untuk makan siang antara pukul 12.30 sampai 13.00. Adapun pukul 12.38 disebut sebagai waktu terbaik.

Urusan makan malam, semakin malam kamu menyantapnya, maka semakin buruk efeknya untuk diet. Usahakan makan malam sekitar pukul 18.00 sampai 18.30. Kalau mau lebih bagus, pukul 18.14.

Efek tidak makan di waktu yang tepat

Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat TurunIni Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez

Lantas apa efeknya jika kamu tidak makan di waktu yang tepat saat diet? Saat makan malam, misalnya, jika kamu menyantapnya setelah pukul 20.00 bisa menambah lingkar pinggang sampai 5 cm!

Penyebabnya karena metabolisme tubuh sudah melambat di waktu-waktu jelang tidur, sehingga tingkat pemrosesan makanan juga ikut melambat.

Untuk camilan, peneliti mengungkap pelaku diet mungkin tidak hati-hati dalam memilih camilan sehingga asupan kalori dari konsumsinya bisa mencapai 750 kkal!

Lalu ada jam-jam rawan untuk ngemil menurut peneliti. Ketiganya adalah pukul 11.01, 15.14, dan 21.31.

Untuk menghindari ngemil tidak sehat di jam tersebut, peneliti menyarankan agar pelaku diet mencari kesibukan dengan melakukan aktivitas lain atau menyiapkan pilihan camilan sehat.

Lea Smith, direktur pelaksana Forza Supplements yang membuat penelitian terkait jam makan diet ini juga merekomendasikan pelaku diet untuk tidak mengunjungi coffee shops.

Menurutnya coffee shops tak ubahnya toko permen yang bisa membuat pelaku diet ngiler minuman kopi manis. Bukan tidak mungkin mereka berakhir memesan latte atau frappe dengan kandungan gula tinggi.

Baca Juga: Mau Tubuh Cepat Langsing? Ikuti 5 Aturan Waktu Makan Ini!

Pentingnya tidak melewatkan waktu makan utama

Hasil penelitian mereka juga menemukan 6 dari 10 partisipan mengatakan penurunan berat badan akan lebih sulit saat mereka melewatkan satu waktu makan.

Karena ketika tubuh tidak mendapat nutrisi dari makanan, maka tubuh akan menyimpan lemak saat metabolisme tubuh melambat demi menyimpan energi.

Dampaknya, penurunan berat badan mungkin bisa dicapai di awal, tapi di akhir, pelaku diet berakhir makan lebih banyak untuk 'membalas dendam' akan rasa lapar yang sebelumnya dirasakan.

Pola makan yang disarankan saat diet adalah 3 kali makan utama dan 2 kali makan camilan di sela-sela waktu makan utama.

Sarapan punya peranan paling penting

Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat TurunIni Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez

Khusus makan utama, Lee Smith menegaskan kalau sarapan punya peranan paling penting dibanding makan siang atau makan malam.

Ia menyebut kalau pelaku diet melewatkan sarapan, maka kemungkinan besar ia akan merasa lapar dan makan berlebih ketika makan siang. Kondisi ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Manfaat makan teratur di jam yang sama

Terapis gizi, Natalie Lamb juga menyoroti manfaat makan teratur di jam yang sama. Selain bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat, ternyata hal ini bisa membantu mengoptimalkan proses pencernaan.

Pembuangan 'sampah' akan berjalan lebih lancar dan kesehatan usus secara menyeluruh juga lebih terjaga.

"Makan di jam yang sama setiap hari membuat tubuh secara alami mengetahui kapan ada nutrisi masuk dan bisa memproduksi enzim pencernaan dengan tepat," pungkas Lamb.

Baca Juga: Waktu Sarapan yang Baik untuk Diet, Harap Diperhatikan!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com