9 Buah yang Bagus untuk Diet dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 02 Feb 2021 05:00 WIB
buah pir Foto: iStock
Jakarta -

Buah yang bagus untuk diet penurun berat badan adalah buah yang rendah kalori tetapi tinggi serat.

Buah sangat penting dalam diet untuk menurunkan berat badan karena membantu tubuh melawan kolesterol jahat dan penyakit dengan menyediakan nutrisi yang penting.

Mengonsumsi buah yang merupakan makanan padat nutrisi dan tinggi serat serta air akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi sekaligus mempertahankan rasa kenyang.

Sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk menambahkan serat dan makanan kaya protein ke dalam makanan Anda agar Anda tetap bisa merasa kenyang lebih lama.

Menurunkan berat badan memang membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra. Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, tentunya Anda harus lebih banyak menjalankan aktivitas fisik.

Selain buah, konsumsi makanan yang kaya biji-bijian, daging tanpa lemak serta kacang-kacangan juga dapat membuat berat badan lebih cepat turun.

Berikut beberapa pilihan buah yang bagus untuk diet:

1. Tomat

Tomat adalah buah yang tinggi akan flavonoid yang dapat membantu menurunkan berat badan karena mereka membalikkan resistensi terhadap leptin. Leptin adalah protein yang mencegah tubuh kita menurunkan berat badan dan tomat juga dapat memberikan rasa gurih pada makanan.

Cara mengonsumsi tomat sebaiknya jangan ditambahkan dengan gula. Tomat bisa dikonsumsi langsung atau dicampur ke dalam salad.

2. Alpukat

Dikutip dalam India.com, buah alpukat menjadi salah satu makanan yang dapat membantu penurunan berat badan. Dikemas dengan lemak sehat yang sangat baik untuk jantung dan antioksidan. Buah alpukat sangat penting dalam diet penurunan berat badan, karena kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup lemak sehat.

Lemak sehat dapat membantu menjaga laju metabolisme tubuh pada tingkat optimal. Selain itu, lemak sehat juga meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh yang merupakan salah satu hormon pertama yang dikaitkan dengan penurunan berat badan baik pria ataupun wanita.

Buah alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin B6 dan magnesium.

3. Jeruk

Buah jeruk bisa dikategorikan sebagai buah yang bagus untuk diet. Buah ini juga mengandung rendah kalori dan kaya serat serta kalium serta limonoid yang ada dalam jeruk bisa membantu melawan kanker.

Ia juga sangat kaya akan vitamin C yang diperlukan untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan penting dalam tubuh seperti kulit, tulang rawan, tendon, ligamen dan pembuluh darah.

4. Semangka

Semangka mengandung rendah kalori dan tinggi kandungan air yang merupakan 90 persen dari beratnya. Satu porsi buah semangka seberat 100 gram mengandung 30 kalori.

Buah semangka juga mengandung asam amino pembakar perut yang disebut dengan arginin. Mereka membuat Anda tetap terhidrasi dan kenyang untuk jangka waktu yang lama, mencegah kebutuhan untuk meraih makanan lebih sering.

Selain itu buah semangka juga kaya akan kalium yang penting untuk fungsi jantung dan otot yang normal.

5. Stroberi

Buah stroberi merupakan salah satu buah yang bagus untuk diet. Buah-buahan yang tampak cantik ini tinggi antioksidan dan vitamin C dan juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh.

Campurkan stroberi dengan yogurt atau oatmeal di pagi hari untuk mendapatkan energi yang optimal.

6. Jambu biji

Jambu biji dapat membantu menjaga kadar gula darah yang bagus untuk penderita diabetes. Mereka sangat tinggi serat dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda ngemil makanan yang tidak sehat.

Jambu biji juga daoat membantu pencernaan dan menjaga pergerakan usus. Mereka juga kaya akan vitamin C, likopen dan antioksidan yang semuanya membantu pencegahan kanker dan peradangan kulit.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan flavonoid, limonoid dan antioksidan yang juga penting untuk membantu proses pencernaan. Mereka juga merupakan sumber vitamin C dan serat yang bagus dan karenanya membuat Anda kenyang lebih lama.

Jeruk nipis membuat ramuan yang bagus untuk minuman detoksifikasi air yang membantu menurunkan berat badan, karena satu gelas minuman semacam itu hanya mengandung 11 kalori.

8. Lemon

Lemon juga jadi buah yang bagus untuk diet. Satu buah lemon dapat memenuhi seluruh kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh. Lemon juga dapat membantu laju metabolisme pada tingkat yang optimal.

Lemon juga kaya akan limonoid jeruk yang melumpuhkan sel kanker, terutama di usus besar dan payudara. Minumlah air infuse lemon untuk menjaga metabolisme tetap bekerja sepanjang hari.

9. Pir

Pir juga menjadi buah yang bagus untuk diet. Buah pir dapat memenuhi sebanyak 24 persen dari kebutuhan asupan serat harian Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya tiga buah pir per hari, makan lebih sedikit dan karenanya cenderung tidak menumpuk kalori yang tidak perlu. Satu buah pir sedang hanya mengandung kalori sebanyak 100 kalori.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com