10 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Feb 2021 16:00 WIB
Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya

7. Ayam

Ayam menjadi unggas yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Tetapi ternyata konsumsi ayam tidak sesehat apa yang selama ini kita bayangkan.

Ayam yang tidak diolah secara baik dapat membawa kontaminasi dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Daging ayam mentah bahkan mengandung salmonella dan campylobacter yang dapat menyebabkan gejala seperti flu, mual dan muntah. Maka pastikan ayam yang kamu masak benar-benar matang dan dimasak minimal pada suhu 80 C.

8. Telur

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diolah dan dikombinasikan dalam berbagai hidangan. Telur yang paling sering dikonsumsi masyarakat luas ini ternyata dapat berisiko pada kesehatan.

Telur mengandung salmonella dan jika dicampurkan dalam keadaan mentah pada bahan makanan lainnya maka bakteri tersebut akan mudah menyebar. Minimalisir konsumsi telur mentah seperti telur rebus setengah matang, saus hollandaise pada salad dan ganti dengan telur yang sudah dipasteurisasi.

9. Tuna

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat BerbahayaMakanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya

Menurut BPOM, tuna dan beberapa ikan dengan daging berwarna gelap dapat melepas racun yang disebut scombrotoxin pada temperatur 15 C. Racun in hanya bisa hilang ketika bahan tersebut dimasak, dikalengkan atau dibekukan.

Gejala kontaminasi yang timbul akan serupa dengan keracunan dan alergi makanan. Misalnya gatal pada bagian mulut, tekanan darah yang menurun drastis, pusing dan gatal yang mungkin akan diikuti dengan muntah, diare, permasalahan pada pernapasan dan jantung.

10. Nasi

Nasi menjadi salah satu makanan pokok di dunia dan bagi sebagian besar orang Asia. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata nasi mengandung arsenik yang cukup tinggi.

Arsenik ini menjadi racun penyebab kanker yang datang dari tanah dan tanaman lainnya. Nasi dapat mengandung bakteri yang beracun dan tidak aman jika dibiarkan pada suhu ruang dan tidak dipanaskan secara benar.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Mematikan dan Berbahaya yang Populer di Dunia https://food.detik.com/info-kuliner/d-4771158/ini-5-makanan-mematikan-dan-berbahaya-yang-populer-di-dunia

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Kepiting Asap Berselimut Daun Pisang yang Bikin Ngiler"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com