Ini Cara Mengatur Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 08:00 WIB
Mengenal Diet Flexitarian untuk Menurunkan Berat Badan Foto: Getty Images/pixdeluxe
Jakarta -

Ada cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan yang aman. Penurunan berat badan yang stabil sebanyak 0,45 kg 0,90 kg per minggu yang direkomendasikan untuk menjaga berat badan dalam jangka panjang.

Diet rendah karbohidrat dan makanan utuh serta diet rendah kalori efektif untuk menurunkan berat badan dan mungkin lebih mudah dipatuhi daripada diet lainnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan berat badan dengan pola makan sehat, karbohidrat yang berpotensi menurunkan dan bertujuan untuk mengurangi nafsu makan serta meningkatkan metabolisme yang dilkutip dalam Healthline:

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati atau karbohidrat. Ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Ketika Anda melakukannya, maka tingkat rasa lapar Anda akan turun dan mungkin bisa makan lebih sedikit kalori.

Dengan pola makan rendah karbohidrat, Anda akan memanfaatkan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Jika Anda memilih untuk makan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian bersama dengan defisit kalori, Anda akan mendapatkan manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. Ini membuat mereka lebih mengisi dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan yang dapat menyebabkan makan lebih sedikit kalori tanpa memikirkannya atau merasa lapar.

2. Konsumsi protein, lemak dan sayuran


Cara mengatur pola makan sehat adalah setiap kali makan harus mendapatkan sumber protein, lemak, sayuran dan karbohidrat kompleks.

Konsumsi protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan.

Bukti menunjukkan bahwa makan protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, nafsu makan dan berat badan.

Sumber protein sehat meliputi daging tanpa lemak, ikan, telur, buncis, polong-polongan, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Sayuran yang bisa dikonsumsi adalah brokoli, bayam, tomat, kubis, selada hingga timun.

3. Lemak sehat


Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak sehat. Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang tepat.

Selain itu lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa harus digunakan dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi.

Itulah cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan secara sederhana.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com