Air Lemon untuk Diet, Bisakah Menurunkan Berat Badan?

Lusiana Mustinda, Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Jan 2021 05:00 WIB
khasiat sehat minum air lemon Foto: iStock
Jakarta -

Air lemon diklaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah memperlancar pencernaan, meningkatkan fokus dan meningkatkan tingkat energi.

Ini juga dikatakan dapat membantu mempromosikan penurunan berat badan dan merupakan minuman populer untuk diet penurunan berat badan.

Air Lemon Rendah Kalori

Air lemon umumnya merupakan minuman yang sangat rendah kalori. Dengan asumsi jika Anda memeras jus dari setengah lemon ke dalam air setiap gelas air lemon hanya mengandung enam kalori.

Karena alasan ini, jika Anda menukar minuman berkalori tinggi seperti jus jeruk dan soda dengan air lemon, ini dapat menjadi cara terbaik untuk mengurangi kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Sebagai contoh, satu cangkir jus jeruk (237 ml) mengandung 110 kalori dan sebotol soda (0,49 liter) mengandung 182 kalori.

Mengganti satu dari minuman ini per hari dengan segelas air lemon dapat mengurangi asupan kalori harian hingga 100-200 kalori.

Dikutip dalam Healthline, beberapa bukti bahkan menunjukkan bahwa meminum minuman rendah kalori saat makan dapat menurunkan jumlah kalori keseluruhan yang dikonsumsi dalam makanan.

Dalam sebuah penelitian, 44 wanita makan siang dengan minuman yang mengandung kalori atau tidak. Penelitian kemudian mengukur kalori yang dikonsumsi. Mereka menemukan bahwa meminum minuman yang mengandung kalori seperti soda yang dimaniskan dengan gula, susu dan jus dengan makanan tidak membuat orang mengimbangi dengan makan lebih sedikit. Sebaliknya, total kalori yang dikonsumsi meningkat karena kalori dari minuman tersebut.

Meskipun air lemon tidak bebas kalori, air lemon cukup rendah kalori sehingga dapat menghasilkan efek yang sama dan membantu mengurangi asupan kalori.

Apa Benar Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?Apa Benar Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: iStock

Air Lemon Membuat Anda Terhidrasi


Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hidrasi dapat meningkatkan pemecahan lemak dan meningkatkan kehilangan lemak.

Tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu mengurangi retensi air yang dapat menyebabkan gejala seperti kembung, bengkak dan penambahan berat badan. Karena sebagian besar air lemon terdiri dari air, ini dapat membantu menjaga hidrasi yang cukup.

Minum Air Lemon Dapat Meningkatkan Metabolisme


Studi menemukan bahwa minum cukup air berpotensi membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Para peneliti menyarankan bahwa hidrasi yang baik dapat meningkatkan fungsi mitokondria, sejenis organel yang ditemukan dalam sel yang membantu menghasilkan energi bagi tubuh.

Hal ini menyebabkan peningkatan metabolisme yang selanjutnya dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Air minum juga telah terbukti meningkatkan metabolisme dengan menginduksi thermogenesis, suatu proses metabolisme dimana kalori dibakar untuk menghasilkan panas.

Air LemonAir Lemon Foto: iStock

Dalam sebuah penelitian, 14 peserta minum 0,5 liter air. Air minum ditemukan meningkatkan tingkat metabolisme mereka sebesar 30 persen selama 30-40 menit.

Studi lain mengamati efek minum air pada 21 anak yang kelebihan berat badan. Minum air 10 ml/kg dapat meningkatkan metabolisme sebesar 25 persen selama 40 menit.

Penelitian tentang air lemon secara khusus memang terbatas. Namun karena air adalah bahan utamanya, kemungkinan besar air memiliki manfaat peningkatan metabolisme yang sama dengan air biasa.







Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com