Benarkah Minum Kopi Bisa Kembalikan Energi Usai Gowes? Ini Penjelasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 05:00 WIB
Manfaat Kopi untuk Mengembalikan Energi Foto: iStock
Jakarta -

Gowes sepeda kini jadi aktivitas yang digemari di pagi hari. Setelahnya, terkadang tubuh jadi merasa lelah. Untuk mengembalikan energi, minum kopi disebut sebagai solusinya. Benarkah?

Gowes atau bersepeda jadi tren di kalangan masyarakat Indonesia beberapa bulan terakhir. Gowes biasanya dilakukan saat pagi hari, sebelum atau sambil berangkat kerja.

Setelah bersepeda, terkadang tubuh merasakan lelah. Oleh karenanya, banyak orang yang setelah melakukan gowes mampir ke coffee shop. Karena kopi dianggap sebagai minuman yang bisa mengembalikan energi.

Manfaat Kopi untuk Mengembalikan EnergiManfaat Kopi untuk Mengembalikan Energi Foto: iStock

Tapi, apakah benar kalau kopi bisa mengembalikan energi usai gowes? Dilansir dari Queensland Health (8/1), kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein dapat merangsang sistem saraf dan mempercepat transmisi pesan antara otak dan tubuh. Energipun bisa kembali terisi.

Efek kafein pada kopi ini bisa dirasakan setelah 5-30 menit setelah mengonsumsinya. Efeknya bahkan bisa bertahan hingga 12 jam lamanya.

Baca Juga: Demi Kesehatan, Kenali 4 Waktu Terlarang untuk Minum Kopi Ini

Batasan aman asupan kafein yang dapat dikonsumsi tubuh adalah sebanyak 400mg kafein per hari. Jumlah itu setara dengan 2-3 shot espresso atau 5 sdt kopi setiap harinya.

Tapi, perlu diingat kalau kamu harus mengonsumsi kopi secara sehat. Dalam arti, kamu harus menghindari tambahan gula atau pemanis lain untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Kamu juga perlu memerhatikan jumlah asupan per cangkirnya. Jangan mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir dalam sehari. Karena efeknya bisa merasakan gelisah, tidak fokus, jantung berdebar, hingga kecemasan.

Setelah gowes, Starbucks bisa jadi tempat singgah yang menarik. Karena gerainya banyak tersebar di Indonesia. Selain itu, mereka juga memiliki promo menarik untuk para pesepeda.

Starbucks Indonesia menghadirkan program Grande Morning Gowes. Dalam program tersebut ada promo khusus untuk pesepeda.

Manfaat Kopi untuk Mengembalikan EnergiManfaat Kopi untuk Mengembalikan Energi Foto: dok. Starbucks Indonesia

Menu minuman yang mereka tawarkan khusus pesepeda adalah Red Eye Cold Brew dan Caffe Americano. Ada juga menu minuman segar seperti Iced Hibiscus Lemonade dan Green Tea Cream Frappuccino with yogurt.

Kamu juga bisa mendapatkan diskon 50% untuk pembelian dua minuman. Caranya dengan menunjukkan rekam jejak gowes minimal sejauh 10km melalui aplikasi Strava.

Manfaat Kopi untuk Mengembalikan EnergiManfaat Kopi untuk Mengembalikan Energi Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tak hanya pesepeda, Starbucks Grande Morning juga bisa dinikmati kamu yang produktif di pagi hari. Dalam program Grande Morning Breakfast, kamu bisa mendapatkan satu kali refill tall Caffe Americano gratis untuk setiap pembelian Pairing Set apapun.

Promo ini berlaku mulai dari 7 Januari 2021 hingga 30 Juni 2021. Bisa kamu dapatkan di seluruh gerai Starbucks Indonesia sebelum pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: Amankah Minum Kopi Saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com