5 Minuman Sehat Penurun Kolesterol Usai Santap Menu Tahun Baru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 06:54 WIB
wortel Foto: iStock
Jakarta -

Minuman sehat penurun kolesterol ini bisa kamu konsumsi usai lahap menyantap banyak olahan daging. Ada teh hijau dan air lemon yang mudah diracik.

Menu pesta tahun baru identik dengan makanan penuh lemak jenuh dan tinggi kolesterol. Sebut saja steak, BBQ sosis, seafood, dan lainnya.

Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak bisa memicu kenaikan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Makan Enak Lebaran

Apalagi kalau kamu termasuk tipe orang yang malas gerak alias "mager" atau malas berolahraga. Bukan tidak mungkin kadar kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh.

Untuk mencegah timbulnya penyakit kolesterol, coba cara alami melalui konsumsi makanan dan minuman yang tepat.

5 minuman sehat penurun kolesterol ini cocok kamu konsumsi usai puas makan daging di pesta tahun baru. Berikut daftarnya:

1. Jus apel

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongFoto: iStock

Pakar kesehatan Stephanie Leach merekomendasikan konsumsi jus apel untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena kandungan fitokimia yang mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL.

Penelitian pada pria dan wanita sehat selama 6 minggu membuktikan khasiat konsumsi jus apel tak ubahnya dengan konsumsi apel utuh.

Partisipan penelitian memiliki kadar lemak, kolesterol, karbohidrat, gula, dan kalori yang sama. Pembedanya adalah, mereka yang makan apel utuh memiliki peningkatan asupan serat sebanyak 22 persen.

Para peneliti menyimpulkan konsumsi jus apel dalam jumlah cukup bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Usahakan pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet atau pemanis tambahan.

Hindari membeli jus apel kemasan yang banyak dijual di supermarket karena besar kemungkinan berisi bahan-bahan tidak alami. Ada baiknya kamu bisa membuat sendiri jus apel di rumah.

2. Jus wortel

Minuman sehat penurun kolesterol selanjutnya adalah jus wortel. Sama seperti jus apel, jus wortel mengandung serat larut.

Serat larut bersifat mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Bonus lainnya, jus wortel tinggi kandungan vitamin C.

Peran vitamin C adalah memetabolisme kolesterol sehingga tubuh bisa mudah menyingkirkannya. Jus wortel juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten yang bersifat mengurangi oksidasi LDL.

3. Air lemon

khasiat sehat minum air lemonFoto: iStock

Air lemon tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini karena air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, serat larut yang menyehatkan jantung.

Selain itu penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Ada kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

4. Jus delima

Delima adalah buah kaya manfaat sehat karena tinggi kandungan antioksidan. Mayo Clinic mengungkap jus delima mengandung utamanya antioksidan bernama polifenol.

Jumlah antioksidan dalam jus delima disebut 3 kali lebih banyak dari teh hijau ataupun red wine. Asupan antioksidan yang tinggi berkaitan dengan kesehatan jantung dan kolesterol yang lebih baik.

Pilihlah jus delima alami untuk dikonsumsi. Hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya.

5. Teh hijau

Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan JantungFoto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Satu lagi minuman sehat penurun kolesterol yang bisa kamu coba, teh hijau. Healthline menjelaskan konsumsi teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Alasannya tak lain karena antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau. Pilih teh hijau daun untuk mendapat manfaat maksimal ketimbang teh hijau celup karena sudah melalui terlalu banyak pemrosesan.

Baca Juga: Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com