Kalori Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 25 Des 2020 08:00 WIB
Biji pepaya Foto: iStock
Jakarta -

Kalori pepaya dalam 100 gramnya mengandung kalori sebanyak 46 kkal, 0,5 gr protein, dan 12,2 gram karbohidrat.

Tak hanya punya rasa manis yang enak, buah pepaya juga mengandung banyak vitamin. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, B9, B1, B3, B5, E, K dan C.

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Sebuah studi menunjukkan bahwa pepaya fermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang tua dan orang dengan prediabetes, hipotiroidisme ringan dan penyakit hati.

Dari penelitian tersebut ditemukan pasien Alzheimer yang diberi ekstrak pepaya yang difermentasi selama 6 bulan mengalami penurunan 40 persen pada biomarker yang dikenal sebagai 8-OHdG yang mengindikasikan kerusakan oksidatif pada DNA, juga terkait dengan penuaan dan kanker.

Enzim yang bernama papain dapat membuat protein lebih mudah dicerna dalam tubuh. Orang-orang yang tinggal di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain dari irritable bowel syndrome (IBS).

Biji pepayaBiji pepaya Foto: iStock

Dalam satu penelitian, orang yang menggunakan formula berbasis pepaya selama 40 hari akan mengalami peningkatan signifikan dalam sembelit dan kembung. Biji, daun dan akar pada pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada hewan dan manusia.

Dikutip dalam Heathline, dalam sebuah penelitian orang yang menggunakan formula berbasis pepaya selama 40 hari mengalami kesembuhan konstipasi dan kembung yang signifikan.

Bagi yang tidak suka dengan aroma buah pepaya, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar aroma dan rasanya lebih segar. Untuk menambah kalori buah pepaya untuk anak-anak yang kurang berat badan juga bisa membuat smoothies buah pepaya ditambah dengan susu. Rasanya pasti enak!



Simak Video "Uniknya Abon Pepaya, Cocok untuk Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com