6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Des 2020 09:00 WIB
6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi! Foto: Getty Images/iStockphoto/bingokid
Jakarta -

Penyakit liver bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Berikut 6 makanan untuk mencegah penyakit liver.

Liver merupakan organ vital yang berperan menjalankan sistem metabolisme dengan baik. Kesehatan liver menjadi penting diperhatikan karena fungsinya yang terganggu akan berdampak pada beberapa organ tubuh lainnya.

Bukan hanya mengganggu metabolisme, masalah pada liver dapat memengaruhi imunitas tubuh, penyimpanan gizi pada tubuh, hingga produksi sel darah putih. Sayangnya masalah pada liver kerap tak disadari penderitanya.

Ketika liver bermasalah, liver tidak akan langsung menunjukkan gejala-gejala fisik. Dengan begitu penyakit liver akan sulit diketahui pada tahap awal. Liver baru menunjukkan gejala fisik setelah masuk ke tahap lanjutan yang lebih parah.

Menjaga kesehatan liver bisa dilakukan dengan konsumsi makanan kaya antioksidan untuk bantu keluarkan racun dan detoks tubuh. Berikut ini 6 makanan untuk mencegah penyakit liver, menurut Times of India (8/12):

1. Buah Berry

6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi!6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi! Foto: Getty Images/iStockphoto/bingokid

Makanan untuk mencegah penyakit liver pertama adalah buah berry. Warna merah dan ungu gelap pada buah berry menunjukkan mayoritas buah ini mengandung antioksidan yang banyak. Antioksidan dapat meningkatkan kekebalan liver terhadap racun.

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, blackberry dan buah berry lainnya juga mengandung antosianin yang dapat menghindarkan liver dari kerusakan. Dengan mengonsumsi buah berry secara rutin, liver akan terlindungi dari kerusakan. Selain itu liver juga akan meningkat kekebalannya untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh.

2. Buah Bit

Buah bit datang dari keluarga umbi-umbian berwarna gelap. Buah bit sering digunakan sebagai pewarna merah alami pada makanan dan juga pada pengobatan berbasis herbal.

Buah bit mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang sangat berguna untuk tubuh terutama liver. Buah bit dengan kandungannya mampu meningkatkan aliran empedu dan membantu tubuh untuk memecah limbah beracun dari sisa pencernaan makanan.

Baca Juga: 12 Makanan Sehat Berwarna Gelap yang Bagus Dikonsumsi Rutin

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com