15 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 03 Des 2020 09:00 WIB
Sakit perut asam lambung Foto: Shutterstock
Jakarta -

Asam lambung atau gastritis merupakan masalah pencernaan yang paling umum dialami orang dewasa. Kenali 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Asam lambung yang tinggi akan menyebabkan berbagai keluhan. Mulai dari perut kembung yang membuat tidak nyaman hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Naiknya asam lambung sebagian besar disebabkan karena konsumsi bahan makanan yang dapat memicu kenaikannya. Makanan yang dengan mudah memicu naiknya asam lambung mayoritas merupakan jenis makanan asam dan atau pedas.

Berikut ini 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung, seperti dikutip dari The Daily Meal (10/11):

1. Daging Merah

Daging merah tergolong bahan makanan tinggi lemak. Daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah. Ketiganya bahkan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dari jenis daging lain.

Daging merah bisa saja tetap dikonsumsi, namun pembatasan pada porsi yang tepat perlu dilakukan agar tidak memicu naiknya asam lambung.

2. Keju

Beberapa produk olahan susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Misalnya keju, susu, sour cream dan masih banyak lagi.

Produk olahan susu cukup berisiko membuat asam lambung naik. Bahkan bagi mereka yang sangat rentan terhadap refluks asam tidak seharusnya memilih es krim sebagai dessert.

3. Mentega

mentegaFoto: iStock

Alasan lemak harus dihindari adalah karena lemak akan lama dicerna tubuh dan bertahan lebih lama di dalam perut. Adanya makanan yang tertinggal seperti ini akan menghasilkan asam lambung lebih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Asam Lambung Naik agar Cepat Reda

Mentega menjadi salah satu produk olahan susu yang juga tinggi kandungan lemak. Karenanya lebih baik membatasi penggunaan mentega atau menggantinya dengan minyak yang lebih sehat.

4. Kopi atau Teh

Kopi dan teh mengandung cukup banyak kafein. Konsumsinya yang berlebih juga bisa memicu kenaikan asam lambung

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti kopi atau teh dengan minuman lain atau mengganti kopi menjadi kopi decaf (rendah kafein).

5. Minuman Bersoda

minuman soda kena virus coronaFoto: iStock

Makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah soda. Sama seperti kopi dan teh, minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung. Gelembung pada minuman bersoda bahkan dapat menciptakan rasa sakit yang lebih parah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com