Minum Hot Chocolate Terbukti Bagus untuk Kesehatan Otak

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 28 Nov 2020 06:00 WIB
Minum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan Otak Foto: iStock
Jakarta -

Hot chocolate jadi minuman hangat yang cocok diminum saat cuaca dingin. Selain menghangatkan, hot chocolate juga terbukti ampuh menjaga kesehatan otak.

Hot chocolate salah satu minuman populer di Amerika dan Eropa. Berupa cokelat panas yang diracik dari susu dan cokelat. Hot chocolate ini bertekstur creamy, manis, dan hangat.

Hot chocolate tak hanya jadi minuman yang bisa membuat tubuh menjadi hangat. Tapi juga memiliki manfaat kesehatan lain, salah satunya baik untuk kesehatan otak.

Dilansir dari Insider (26/11), hot chocolate yang terbuat dari cokelat ini mengandung zat flavanol. Menurut sebuah penelitian, zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen darah di dalam otak dan terkait manfaat kognitif.

Baca Juga: Cara Meracik Hot Chocolate Enak Penuh Manfaat

Minum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan OtakMinum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan Otak Foto: iStock

Para peneliti dari University of Birmingham dan University of Illinois mengamati 18 partisipan pria dewasa sehat yang menyelesaikan dua tes kognitif sulit. Mereka diminta untuk mengonsumsi hot chocolate yang kandungan flavanolnya tinggi.

Hasilnya, para peserta yang mengonsumsi hot chocolate tersebut menunjukkan kinerja yang jauh lebih baik pada tes kognitif. Mereka mampu menyelesaikan tes tersebut lebih cepat 11% dibandingkan saat mereka meminum plasebo.

Hot chocolate juga bisa digunakan untuk meningkatkan alirah darah dalam meningkatkan kinerja mental. Para peneliti ini juga menguji kadar oksigen darah selama tes.

Para peneliti meminta partisipan untuk menghirup konsentrasi karbon dioksida yang lebih tinggi, prosedur ini dilakukan untuk mengukur respons aliran darah di otak. Hasilnya ditemukan partisipan memiliki tingkat oksigen yang lebih dalam otak mereka setelah mengonsumsi flavanol.

Dr. Catarina Rendeiro menjelaskan, "Hasil yang kami dapatkan menunjukkan manfaat jelas bagi partisipan yang telah minum flavanol (hot chocolate), tetapi jika tugas kognitifnya sangat rumit," jelasnya.

Pada tahun 2013 studi lain juga pernah diteliti soal mengonsumsi kakao secara khusus bisa menurunkan risiko penyakit alzheimer dan stroke. Ada juga penelitian yang mengatakan kalau manfaat flavanol pada kakao (cokelat) bisa bermanfaat untuk aliran darah ke seluruh tubuh, terutama mengurangi tekanan darah.

Sebenarnya bukan hanya cokelat saja yang mengandung zat flavanol tinggi. Ada teh, anggur merah, buah berry, dan apel yang juga memiliki kandungan flavanol tinggi.

Jika ingin menikmati secangkir hot chocolate yang manis hangat, kamu bisa meraciknya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan pun sangat mudah di dapatkan.

Minum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan OtakMinum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan Otak Foto: iStock

Resep hot chocolate ini dikenal dengan nama Mexican Spiced Hot Chocolate. Karena di dalamnya terdapat kayu manis yang aromanya khas.

Bahan:
• 100 g dark chocolate
• 200 ml susu segar
• Kayu manis secukupnya

Cara membuat:

1. Panaskan dark chocolate bersama dengan susu segar.
2. Setelah mendidih, tuang ke dalam cangkir atau gelas. Tambahkan bubuk kayu manis secukupnya dan aduk hingga merata.
3. Mexican spiced hot chocolate siap dihidangkan.

Baca Juga: Ingin Hangatkan Badan? Yuk, Racik 4 Resep Hot Chocolate Enak Ini!



Simak Video "Masak Masak: Resep Petis Bumbon Khas Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com