12 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan secara Cepat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 20 Nov 2020 05:41 WIB
Fruit salad in white bowl. Blueberries, rasberries, melon, grapes and strawberries. Foto: iStock


7. Cuka sari apel

Makanan yang dapat menurunkan berat badan secara tradisional adalah cuka sari apel. Cuka sari apel telah dikaitkan dengan pengurangan nafsu makan dan menurunkan gula darah serta kadar insulin pada penderita diabetes.

Terlebih lagi, komponen utama cuka adalah asam asetat yang telah ditemukan dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak perut pada beberapa penelitian pada hewan.

Memasukkan cuka sari apel dalam makanan dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Mulailah dengan 1 sendok teh per hari yang diencerkan dalam air dan secara bertahap tingkatkan hingga 1-2 sendok makan per hari untuk meminimalkan potensi ketidaknyamanan pencernaan.

8. Teh oolong

Teh oolong adalah salah satu minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian menemukan bahwa kombinasi katekin dan kafeind alam teh dapat meningkatkan pembakaran kalori rata-rata 102 kalori per hari.

Minum beberapa cangkir teh hijau, teh oolong atau kombinasi keduanya secara tertaur dapat meningkatkan kehilangan lemak dan memberikan efek kesehatan lainnya.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu lemak yang sehat. Minyak zaitun telah terbukti menurunkan trigliserida, meningkatkan kolesterol HDL dan merangsang pelepasan GLP-1, salah satu hormon yang membantu Anda tetap kenyang.

Dalam sebuah penelitian kecil pada 12 wanita pascamenopause dengan obesitas perut, makan minyak zaitun extra virgin sebagai bagian dari makanan secara signifikan dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar wanita tersebut selama beberapa jam.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat mempengaruhi penurunan berat badan karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buncis, lentil dan kacang polong dikenal sebagai kacang-kacangan. Sama halnya dengan oatmeal, kacang-kacangan juga mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan.

Protein menyebabkan pelepasan hormon yang menandakan rasa kenyang.

11. Buah berry

Buah berry mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk menjaga berat badan. Satu cangkir buah berry seperti raspberry, strawberry dan blueberry mengandung 8 gram serat. Buah-buahan ini bisa dimasukkan dalam oatmeal.

Bahaya makan sisa semangka di kulkasBahaya makan sisa semangka di kulkas Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez

12. Buah semangka

Buah berwarna merah dan kuning dengan rasa manis renyah ini dikenal sangat kaya akan kandungan air. Sangat cocok dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Selain itu semangka dikenal rendah kalori, 300 g semangka hanya mengandung 100 kalori.

Karena banyak mengandung air, konsumsi semangka akan membuat perut lebih cepat kenyang. Studi yang dilakukan Maret 2019 dan dipublikasikan di Nutrients, meneliti 2 grup peserta. Satu grup diberi semangka dan satu grup diberi cookies rendah lemak. Mereka yang makan semangka turun berat badannya lebih banyak dibandingkan yang makan cookies rendah lemak.

Sehingga semangka dikenal sebagai makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com