Daftar 10 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Diblender

Diah Afrilian Dini - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 08:00 WIB
Daftar 10 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Diblender Foto: iStock
Jakarta -

Memproses bahan makanan yang salah ternyata bisa merusak blender. Apa saja bahan makanan yang sebaiknya tidak diblender?

Saat memasak, terutama makanan Indonesia yang kaya akan rempah, bumbu halus menjadi kunci utama untuk menghasilkan makanan yang enak dan lezat.

Zaman dahulu untuk menyiapkan bumbu halus sangat memakan waktu. Diperlukan tenaga ekstra dan waktu yang lama untuk membuat paduan bumbu benar-benar bertekstur halus.

Tapi kini menghaluskan bumbu-bumbu masakan tidak perlu lagi repot. Blender menjadi jalan keluar untuk menghemat waktu dan tenaga saat memasak.

Blender saat ini menjadi alat masak kunci atau yang paling penting di dapur. Blender memudahkan proses menghaluskan bumbu sehingga masak jadi lebih cepat.

Namun, ternyata ada beberapa bahan makanan yang tidak cocok diproses di blender. Bukannya menjadi mudah, menghaluskan bahan makanan ini justru akan membuat blender kamu rusak.

Selain itu, menghaluskan bahan makanan ini di blender juga bisa merusak tekstur atau warna aslinya.

Berikut ini 10 bahan makanan yang bisa sebaiknya tidak diblender, seperti dikutip dari Reader's Digest (28/10):

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau biasanya dijadikan campuran jus. Untuk mengolahnya, perlu teknik khusus. Sebab jenis sayuran ini mudah mengalami oksidasi sehingga ketika dihaluskan jadi jus, warnanya bisa berubah jadi kecokelatan dan tidak segar lagi.

Untuk menghindari hal ini, jangan memasukan sayuran hijau dengan suhu ruang langsung ke dalam blender.

"Mesin pada blender akan dengan mudah mengubah warnanya menjadi kecokelatan. Untuk menjaga warnanya agar tetap cerah, sebelumnya rendam sayuran hijau dalam air es selama 5 menit sebelum diolah dengan blender," jelas Andre Sickinger, seorang chef.

Baca Juga : Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam Blender

2. Buah-Buahan Beku

Daftar 10 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak DiblenderDaftar 10 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Diblender Foto: iStock

Selain jus, smoothies kerap menjadi pilihan makanan sehat lainnya. Untuk membuatnya, beberapa buah yang dibekukan dihaluskan dengan blender.

Namun, kesalahan sering sekali dilakukan saat membuat semoothis. Buah yang masih terlalu beku, jika langsung dihaluskan ke dalam blender dapat membuat pisau blender menjadi tumpul. Tak jarang, blender juga bisa pecah jika buah yang dihaluskan terlalu banyak dan beku.

Salah satu cara mengatasinya adalah membiarkan buah beku berada di luar freezer dulu beberapa saat. Cara lain, masukkan ke dalam kantung kedap udara dan rendam dalam air.

3. Kacang-Kacangan

Seperti halnya buah-buahan yang terlalu beku, tekstur kacang dan biji-bijian lain yang keras juga bisa merusak blender.

Kacang-kacangan atau biji-bijian yang keras ini seharusnya diolah menggunakan grinder, bukan blender. Pisau grinder yang lebih kuat akan lebih mudah menghaluskan dan menghasilkan hasil gilingan yang bagus.

Menurut Muse, semua bahan makanan yang bertekstur keras seperti kacang-lacangan, biji kopi, biji coklat, dan sebagainya akan membuat blender menjadi tumpul, bahkan hingga bahan makanan tidak dapat dihaluskan.

Selain itu, bahan makanan yang terlalu keras jika dihaluskan dengan blender, justru akan menjadi lengket dan hasilnya seperti pasta.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]