10 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 14 Nov 2020 10:00 WIB
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike

6. Tuna
Tuna menjadi makanan yang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Tuna adalah makanan rendah kalori dan protein tinggi lainnya. Ikan tuna tanpa lemak mengandung rendah lemak.

Tuna sangat populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang bersemangat, karena tuna merupakan cara yang baik untuk meningkatkan asupan protein sekaligus menjaga kalori total dan lemak tetap rendah.

7. Kacang-kacangan

Organic White Almond Milk in a JugFoto: iStock

Beberapa buncis dan polong-polongan lain bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah dan beberapa jenis kacang lainnya.

Makanan ini cenderung tinggi protein dan serat, keduanya terbukti menyebabkan rasa kenyang. Mereka juga cenderung menyebabkan rasa kenyang.

8. Sup
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang berwujud sup lebih rendah kalori dibandingkan dengan makanan padat.

Sup bening dengan paduan sayuran dan potongan daging tanpa lemak bisa membantu turunkan berat badan. Pastikan tidak menambahkan krim atau santan dalam sajian sup Anda.

9. Alpukat

Cara pilih alpukatFoto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Buah alpukat tinggi karbohidrat dan mengandung lemak sehat. Mereka sangat tinggi asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun.

Meskipun begitu, alpukat mengandung banyak air dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

10. Buah-buahan
Sejumlah studi populasi telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran dan buah cenderung lebih sehat daripada orang yang tidak.

Tentu saja korelasi tidak sama dengan sebab akibat, jadi penelitian ini tidak membuktikan apa pun. Nabum buah-buahan memiliki khasiat yang membuatnya ramah untuk menurunkan berat badan.

Meskipun mengandung gula alami, mereka memiliki kepadatan energi yang rendah dan membutuhkan waktu lama untuk dikunyah.

Selain itu, kandungan seratnya membantu mencegah gula dilepaskan terlalu cepat ke aliran darah Anda. Sehingga buah menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com