Kalori Ubi Rebus vs Singkong Rebus, Mana yang Anda Pilih?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 12 Nov 2020 13:30 WIB
Fried rice cake, steam and sweet potatoes. Foto: Getty Images/iStockphoto/zepp1969
Jakarta -

Kalori ubi rebus memang lebih rendah jika dibandingkan dengan ubi goreng. Akan tetapi bagaimana jika dibandingkan dengan singkong rebus. Mana yang lebih baik untuk diet?

Ubi jalar adalah salah satu sumber vitamin A terbaik. Ubi jalar mengandung beta-karoten dan juga vitamin C. Selain itu, ubi juga memiliki kandungan vitamin B5, B6, thiamin, niasin, dan riboflavin. Ubi juga tidak mengandung lemak, relatif rendah natrium dan tinggi serat.



Ada dua jenis ubi jalar yaitu ubi kuning dan ungu. Hal ini karena dua "fitokimia" dalam ubi jalar yang bertanggung jawab atas perbedaan warnanya. Beta-karoten menghasilkan warna kuning oranye dan antosianin memberi warna ungu.

Sedangkan singkong merupakan salah satu jenis karbohidrat yang bisa jadi pilihan karena rendah kalori. Singkong yang direbus memang terkadang kurang menarik selera.



Resep Sawut SingkongResep Sawut Singkong Foto: iStock


Akan tetapi, singkong mengandung tinggi serat dan bebas gluten. Singkong yang sudah direbus juga mengandung zat besi, vitamin C dan juga niacin.

Singkong yang dikenal juga dengan sebutan ketela pohon ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam sistem pencernaan, serat berfungsi membantu melancarkan sistem cerna. Serat alami pada singkong juga membantu mencegah timbulnya sembelit.

ubi rebus dan kacang rebusubi rebus dan kacang rebus Foto: Istock


Kalori ubi rebus dan singkong rebus


Meskipun sama-sama sehat, akan tetapi kalori antara keduanya berbeda. Kalori ubi rebus 100 gram adalah sebesar 100 Kkal. Sedangkan untuk 100 gram singkong rebus sebesar 153 Kkal.

Baik ubi rebus atau singkong rebus, keduanya sama-sama bisa dijadikan sebagai menu sarapan sehat. Jangan lupa nikmati dengan aneka makanan berprotein sehingga dapat menunjang pola makan dengan gizi seimbang.

Supaya tidak bosan menikmati karbohidrat tinggi serat saat diet, Anda bisa mencoba ubi rebus, singkong rebus hingga jagung rebus. Selamat mencoba detikers!



Simak Video "Renggining, Camilan dari Ubi Khas Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)