7 Camilan Sehat untuk Diet Terbaik yang Bantu Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 08 Nov 2020 07:00 WIB
Mix nuts (almonds, hazelnuts, walnuts) Foto: dok.thinkstock
Jakarta -

Menikmati camilan sehat untuk diet diantara waktu makan dapat membantu mengurangi rasa lapar berlebihan. Ngemil juga dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Camilan tidak harus gorengan atau makanan yang manis. Pilihlah camilan sehat untuk diet yang mengandung protein dan serat. Semua nutrisi ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat perut kenyang

Mengonsumsi makanan ringan juga menjadi cara yang bagus untuk menambah nutrisi ekstra. Makanan ringan atau camilan sehat seperti hummus, apel, wortel, almond hingga biskuit gandum bisa jadi pilihan.

Berikut ini beberapa camilan sehat untuk diet yang bisa dikonsumsi setiap hari:

1. Almond

Organic White Almond Milk in a JugOrganic White Almond Milk in a Jug Foto: Thinkstock


Kacang almond menjadi salah satu camilan sehat untuk diet yang enak. Meskipun mereka mengandung tinggi lemak, yang terpenting adalah jangan menggoreng kacang. Sebaiknya kacang almond diolah dengan cara dipanggang.

Satu studi menemukan bahwa orang yang mengunyah almond secara menyeluruh hingga 40 kunyahan dapat merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang mengunyah kacang dalam jumlah yang sama lebih sedikit.

Selain itu, almond juga dapat memberikan serat, protein dan lemak sehat yang mengenyangkan. Satu porsi almond memiliki 164 kalori, 6 gram protein dan 4 gram serat

2. Grapefruit

grapefruitgrapefruit Foto: Thinkstock


Grapefruit memiliki kalori sekitar 100 kalori dan 4 gram serat. Belum lagi, buah ini memberikan 100 persen kebutuhan vitamin C wanita per hari.

Satu studi menemukan bahwa ketika orang hanya makan grapefruit setiap kali makan dapat membantu mengurangi berat badan. Selain itu grapefruit juga dapat membantu mengelola nafsu makan dengan menurunkan kadar insulin.

3. Yogurt

Plain Greek Yogurt in a Bowl for BreakfastPlain Greek Yogurt in a Bowl for Breakfast Foto: iStock


camilan sehat untuk diet selain buah bisa yaitu yogurt. Yogurt mengandung protein serta kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Yogurt juga dapat ditambahkan dengan buah-buahan untuk menambah serat.

Pilihlah yogurt tanpa rasa dan tambahkan buah Anda sendiri untuk rasa manis alami dan serat. Yogurt rasa sering kali memberikan banyak gula tambahan dan kalori ekstra. Yogurt tawar rendah lemak bisa jadi pilihan yang sehat.

4. Oatmeal

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture


Oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang berarti membantu mengisi tubuh untuk meningkatkan gula darah. Oatmeal juga menjadi sumber serat yang baik dan makan lebih banyak serat untuk membantu menurunkan berat badan danmempertahankannya.

Supaya lebih enak, oatmeal bisa menambahkan buah agar rasanya semakin nikmat dan sehat.

5. Buah Kering

Crunchy Pickled Japanese Plum.Crunchy Pickled Japanese Plum. Foto: Getty Images/iStockphoto/bungoume


Buah kering adalah camilan sehat yang bisa dinikmati saat diet. Makan buah membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat.

Carilah buah tanpa tambahan gula atau pemanis dan pasangkan buah kering dengan kacang-kacangan sebagai camilan dengan keseimbangan karbohidrat dan protein yang sehat.

6. Buah Segar

delicious fruit and berry summer salad decorated with mint leaves on clay dish on cutting board with dessert forks, half of peach and slice of melon on rustic boards, view from abovedelicious fruit and berry summer salad decorated with mint leaves on clay dish on cutting board with dessert forks, half of peach and slice of melon on rustic boards, view from above Foto: iStock


Buah umumnya mengandung rendah kalori dan tinggi serat yang dapat menurunkan berat badan. Buah apel mengandung rendah kalori dan tinggi serat dengan kandungan kalori 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah seberat 223 gr.

Selain itu buah pir juga menjadi salah satu camilan sehat untuk diet. Satu buah pir mengandung 6 gram serat.

7. Putih Telur

Cara Masak Telur RebusCara Masak Telur Rebus Foto: insider


Putih telur tinggi protein namun rendah lemak. Karena itu cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet. Putih telur ayam mengandung protein sedikit lebih banyak daripada kuning telur.

Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah protein kompleks yang berkualitas tinggi. Putih telur juga tak memiliki kandungan karbohidrat. Putih telur yang diolah dengan biskuit gandum atau roti gandum bisa jadi pilihan.

Itulah camilan sehat untuk diet yang tidak hanya cocok untuk pria tetapi juga wanita serta ibu hamil.





Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)