Apakah Aman Tiup Lilin Kue Ulang Tahun di Tengah Pandemi Covid-19?

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 13:32 WIB
Bahaya Tiup Lilin di Tengah Pandemi Foto: iStock
Jakarta -

Perayaan ulang tahun tak lengkap tanpa tiup lilin. Tapi, apakah aman meniup lilin kue ulang tahun di tengah pandemi Covid-19? Ini kata pakar.

Ulang tahun biasanya dirayakan dengan pesta. Selain pernak-pernik, pesta juga menghadirkan kue ulang tahun. Lalu acara puncaknya adalah meniup lilin kue ulang tahun.

Tiup lilin kue ulang tahun ini sudah menjadi tradisi yang konon sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Dipercaya saat meniup lilin, doa yang diharapkan dapat 'terbang' ke udara dan bisa dikabulkan.

Namun di tengah pandemi Covid-19, tiup lilin kue ulang tahun bisa membahayakan kesehatan. Karena dikhawatirkan partikel bakteri atau virus dari mulut maupun percikan air liur dapat menempel pada kue ulang tahun.

Baca Juga: Tren Kue Ulang Tahun Isi Smartphone hingga Uang Ini Bikin Histeris

Saat pandemi, mereka yang ulang tahun biasanya hanya mengibaskan tangan mereka untuk mematikan api pada lilin. Atau ada juga yang menancapkan lilin tersebut tanpa membakarnya.

Baru-baru ini Kendall Jenner kena hujatan netizen lantaran merayakan ulang tahunnya. Ini dikarenakan Kendall Jenner meniup lilin kue ulang tahun di area publik.

Kendall Jenner merayakan ulang tahun sekaligus membuat pesta Halloween. Video Kendall Jenner meniup lilin kue ulang tahun ini diunggah oleh Kylie Jenner di Instagram Stories.

Bahaya Tiup Lilin di Tengah PandemiBahaya Tiup Lilin di Tengah Pandemi Foto: instagram @kyliejenner

Banyak netizen kemudian mengunggah ulang momen tersebut di media sosial. Salah satunya netizen bernama Nicholindz Cage di Twitter @lolzlindz (1/11). Netizen itu menyayangkan Kendall Jenner yang meniup lilin kue ulang tahun di tengah pandemi Covid-19.

Ia mengatakan kalau tindakan tersebut adalah hal terseram di Halloween tahun ini. "Kendall Jenner meniup lilin kue ulang tahun yang dibawa oleh pelayan yang menggunakan masker ini adalah hal terseram selama Halloween," ujarnya.

Bahaya Tiup Lilin di Tengah PandemiBahaya Tiup Lilin di Tengah Pandemi Foto: iStock

Melihat kasus Kendall Jenner tersebut, Dr. S. Patrick Kachur dari Columbia University Mailman School of Public Health mengatakan sebaiknya jangan meniup lilin kue ulang tahun di tengah pandemi. Terutama mereka yang berada di dalam ruangan atau tempat umum, seperti dilansir dari Today (4/11).

"Meniup lilin bisa mengeluarkan partikel virus, seperti bernafas, berbicara, berteriak, batuk, dan bersin, jika orang tersebut terinfeksi," ujar Dr. S. Patrick Kachur.

Dr. David M. Aronoff direktur Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center juga mengatakan hal yang sama. Meniup lilin kue ulang tahun bisa sangat berisiko, apalagi jika Anda merayakannya dengan orang tercinta.

Bahaya Tiup Lilin di Tengah PandemiBahaya Tiup Lilin di Tengah Pandemi Foto: iStock

"Ini bermasalah karena bisa jadi orang yang meniup lilin terinfeksi SARS-CoV-2 (Covid-19) dan ia tak mengetahuinya. Menghembuskan napas dengan paksa (meniup lilin) dapat memproyeksikan partikel virus lebih banyak daripada sekadar bernapas atau berbicara," jelas Aronoff.

Tapi, apakah meniup lilin kue ulang tahun hanya dengan keluarga dekat juga berbahaya? Aronoff menjelaskan hal ini memiliki risiko yang lebih kecil karena orang yang sudah berulang tahun sudah terbiasa tinggal dan menghirup udara yang sama.

"Risikonya tidak sebesar meniup lilin di depan orang banyak yang tidak tinggal satu rumah," lanjutnya.

Bahaya Tiup Lilin di Tengah PandemiBahaya Tiup Lilin di Tengah Pandemi Foto: iStock

Jika ingin tetap aman merayakan kue ulang tahun dan meniup lilin, Kachur menyarakankan untuk merayakannya di ruang terbuka. "Misalnya, Anda bisa merayakan di luar atau memisahkan lilin dari kue itu sendiri," ujarnya.

Bisa juga meniup lilin kue ulang tahun menggunakan kipas kertas, alih-alih meniupnya langsung dari mulut. Cara lain menyediakan kue khusus untuk tiup lilin.

Baca Juga: Lucu! Lembaran Daging Ini di Resto Ini Dibentuk Mirip Kue Ultah



Simak Video "Makan di Warung Ini Gratis Bagi yang Terdampak Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)