10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil

Tim detikcom - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 09:00 WIB
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock/10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil
Jakarta -

Jika mencoba untuk hamil, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pola makan dan nutrisi Anda. Konsumsilah makanan penyubur kandungan bernutrisi.

Hal ini dibutuhkan untuk menjaga sistem reproduksi Anda tetap sehat, hormon stabil, dan meningkatkan sirkulasi Anda. Pada akhirnya, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu meningkatkan kesuburan Anda!

Mengonsumsi beragam buah dan sayuran berwarna, adalah salah satu cara terbaik untuk memasukkan nutrisi dalam jumlah tinggi ke dalam makanan Anda.

Beberapa nutrisi terpenting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan adalah zat besi, serat, karbohidrat, lemak tak jenuh tunggal (lemak 'baik'), protein nabati, produk susu berlemak tinggi, dan banyak vitamin dan asam folat.

Berikut ini makanan penyubur kandungan dilansir Express.co.uk dan FirstCry Parenting:

1. Alpukat

Cara pilih alpukatCara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Alpukat kaya akan mineral, vitamin, lemak esensial, protein, karbohidrat dan serat. Buah penyubur kandungan itu adalah sumber vitamin E yang hebat, yang menurut para peneliti dapat bermanfaat untuk memperbaiki lapisan rahim dan membantu implantasi embrio.

Selain itu kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi membantu meningkatkan kesehatan telur dan menjaga kesehatan reproduksi yang baik. Alpukat dapat digunakan dalam sandwich, salad, saus, olesan, smoothie, jus dan bahkan dapat diubah menjadi muffin dan kue.

2. Ikan Salmon

Fakta tentang ikan salmonFakta tentang ikan salmon Foto: iStock

Ikan salmon sangat baik untuk sistem kardiovaskular, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan mata. Ikan ini adalah sumber protein, kaya akan banyak nutrisi terutama omega 3 antiinflamasi, yang membantu melawan infertilitas wanita.

3. Telur

Perlu makan sebutir telur tiap hari.Perlu makan sebutir telur tiap hari. Foto: iStock

Telur merupakan sumber protein, lemak esensial dan kolin.

Sebuah penelitian telah menunjukkan kolin dapat bermanfaat bagi perkembangan janin, dan bahkan dapat memberikan efek jangka panjang pada bayi seiring pertumbuhannya.


4. Buah Delima

Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit.Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind. Shot with shallow focus on sliced fruit. Foto: iStock

Buah delima dipandang sebagai simbol kesuburan di Persia kuno. Penelitian terkini menunjukkan minum jus delima selama kehamilan dapat mencegah kerusakan otak pada bayi.

Buah ini juga kaya akan vitamin C dan K, asam folat, dan mineral lainnya.

5. Kacang Kenari

Kacang kenari sangat bermanfaat untuk membuat sperma sehat. Kacang kenari juga mengandung khasiat melawan kanker, dan telah membantu memerangi risiko terkena kanker payudara dan prostat.

6. Quinoa

Quinoa seeds in a wooden spoon shot directly above on wood background. Some seeds are dropped out the spoon. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMQuinoa seeds in a wooden spoon shot directly above on wood background. Some seeds are dropped out the spoon. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Foto: iStock


Quinoa adalah sumber protein serbaguna, yang dibutuhkan saat mencoba untuk hamil dan selama kehamilan. Quinoa juga bebas gluten dan bergizi tinggi.


7. Selada

seladaselada Foto: iStock

Selada mengandung vitamin C, vitamin K, kalsium, beta-karoten, zat besi dan yodium. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa selada air memiliki sifat anti kanker dan membantu memperbaiki kerusakan DNA.


8. Labu Kuning

labu kuninglabu kuning Foto: iStock

Labu kuning kaya akan beta-karoten, yang membantu produksi hormon progesteron. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa labu dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

9. Asparagus

asparagusasparagus Foto: Istimewa

Asparagus tinggi vitamin C dan asam folat. Sebuah penelitian menyebutkan asparagus dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.


10. Akar bit

Usia 30 tahun ke atas bagi wanita akan memiliki risiko memiliki anak. Mencoba mengonsumsi akar bit diyakini dapat dijadikan salah satu alternatif agar memiliki anak.

Bit kaya akan nitrat dan merupakan sumber antioksidan resveratrol yang luar biasa, yang dikenal untuk memerangi infertilitas terkait usia.

Selain makanan penyubur kandungan, Anda juga harus menjauhi makanan berikut ini jika ingin hamil:


1. Jauhi Rokok, Alkohol, dan Kafein

Pantangan jika ingin cepat hamil yakni jauhi rokok, alkohol, dan kafein. Rokok tidak baik untuk kesehatan, terutama dalam kesehatan reproduksi tertentu, seperti mempercepat hilangnya sel telur di ovarium.

Bahan kimia dalam rokok mengubah DNA di dalam telur, sehingga tidak memungkinkan untuk pembuahan.

Untuk alkohol, dapat menurunkan gairah seks Anda, dan memengaruhi siklus menstruasi dan kualitas sel telur.

Jika mengonsumsi kafein dalam jumlah besar setiap hari, Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk hamil. Anda bahkan dapat menghadapi risiko keguguran.

2. Kelola Stres Anda

Ilustrasi seseorang yang menderita gejala stres.Ilustrasi seseorang yang menderita gejala stres. Foto: Shutterstock

Stres memicu produksi hormon seperti kortisol dan prolaktin, yang dapat menghambat ovulasi dan produksi sel telur. Cobalah yang terbaik untuk mengelola stres dalam hidup Anda.

Fokuskan energi Anda pada pikiran dan aktivitas positif seperti berenang, berjalan, menari, yoga, meditasi, dan lainnya. Lakukan perubahan sesuai kebutuhan Anda. Gaya hidup untuk mengurangi stres yang mungkin Anda miliki!

3. Pertahankan Pola Makan Sehat

Obat alami untuk kesehatan telur yang baik pada wanita adalah diet yang sarat dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan serta daging yang sehat untuk membantu tetap sehat dan meningkatkan kesuburan.

Namun, hindari gorengan, makanan olahan, dan tambahan garam dan gula.

4. Capai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang Sehat dan Normal

Kelebihan berat badan telah terbukti menghambat proses reproduksi dan meningkatkan stres oksidatif. Ini dapat menyebabkan masalah kesuburan, karena mengubah keseimbangan hormonal dan mengganggu ovulasi.

Seorang wanita idealnya memiliki Indeks Massa Tubuh antara 18,5-24,9. Misalnya, seorang wanita dengan tinggi 5 kaki 6 inci (sekitar 167,64 cm) harus memiliki berat badan antara 52 kg-70 kg.

Cobalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat dengan makan makanan yang tepat dan berolahraga secara teratur.

5. Konsumsi Suplemen

Dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Wanita yang ingin hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil, dan bahkan setelahnya.

Selain itu, ada beberapa suplemen lain yang direkomendasikan. Sangat disarankan agar Anda mengunjungi dokter kandungan Anda untuk mendapatkan gambaran tentang suplemen yang paling cocok untuk Anda.

Misalnya, koenzim Q10 adalah suplemen yang sering direkomendasikan yang merupakan antioksidan.

Dianjurkan agar wanita mengonsumsi makanan penyubur kandungan untuk meningkatkan kualitas sel telur dan meningkatkan kesuburan jika ingin menjadi ibu. Berkonsultasi dengan dokter mereka tentang suplemen yang akan diminum.

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com