10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil

Tim detikcom - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 09:00 WIB
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock/10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil

2. Kelola Stres Anda

Ilustrasi seseorang yang menderita gejala stres.Ilustrasi seseorang yang menderita gejala stres. Foto: Shutterstock

Stres memicu produksi hormon seperti kortisol dan prolaktin, yang dapat menghambat ovulasi dan produksi sel telur. Cobalah yang terbaik untuk mengelola stres dalam hidup Anda.

Fokuskan energi Anda pada pikiran dan aktivitas positif seperti berenang, berjalan, menari, yoga, meditasi, dan lainnya. Lakukan perubahan sesuai kebutuhan Anda. Gaya hidup untuk mengurangi stres yang mungkin Anda miliki!

3. Pertahankan Pola Makan Sehat

Obat alami untuk kesehatan telur yang baik pada wanita adalah diet yang sarat dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan serta daging yang sehat untuk membantu tetap sehat dan meningkatkan kesuburan.

Namun, hindari gorengan, makanan olahan, dan tambahan garam dan gula.

4. Capai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang Sehat dan Normal

Kelebihan berat badan telah terbukti menghambat proses reproduksi dan meningkatkan stres oksidatif. Ini dapat menyebabkan masalah kesuburan, karena mengubah keseimbangan hormonal dan mengganggu ovulasi.

Seorang wanita idealnya memiliki Indeks Massa Tubuh antara 18,5-24,9. Misalnya, seorang wanita dengan tinggi 5 kaki 6 inci (sekitar 167,64 cm) harus memiliki berat badan antara 52 kg-70 kg.

Cobalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat dengan makan makanan yang tepat dan berolahraga secara teratur.

5. Konsumsi Suplemen

Dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Wanita yang ingin hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil, dan bahkan setelahnya.

Selain itu, ada beberapa suplemen lain yang direkomendasikan. Sangat disarankan agar Anda mengunjungi dokter kandungan Anda untuk mendapatkan gambaran tentang suplemen yang paling cocok untuk Anda.

Misalnya, koenzim Q10 adalah suplemen yang sering direkomendasikan yang merupakan antioksidan.

Dianjurkan agar wanita mengonsumsi makanan penyubur kandungan untuk meningkatkan kualitas sel telur dan meningkatkan kesuburan jika ingin menjadi ibu. Berkonsultasi dengan dokter mereka tentang suplemen yang akan diminum.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com