10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil

Tim detikcom - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 09:00 WIB
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock/10 Makanan Penyubur Kandungan Jika Ingin Cepat Hamil

3. Telur

Perlu makan sebutir telur tiap hari.Perlu makan sebutir telur tiap hari. Foto: iStock

Telur merupakan sumber protein, lemak esensial dan kolin.

Sebuah penelitian telah menunjukkan kolin dapat bermanfaat bagi perkembangan janin, dan bahkan dapat memberikan efek jangka panjang pada bayi seiring pertumbuhannya.


4. Buah Delima

Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit.Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind. Shot with shallow focus on sliced fruit. Foto: iStock

Buah delima dipandang sebagai simbol kesuburan di Persia kuno. Penelitian terkini menunjukkan minum jus delima selama kehamilan dapat mencegah kerusakan otak pada bayi.

Buah ini juga kaya akan vitamin C dan K, asam folat, dan mineral lainnya.

5. Kacang Kenari

Kacang kenari sangat bermanfaat untuk membuat sperma sehat. Kacang kenari juga mengandung khasiat melawan kanker, dan telah membantu memerangi risiko terkena kanker payudara dan prostat.

6. Quinoa

Quinoa seeds in a wooden spoon shot directly above on wood background. Some seeds are dropped out the spoon. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMQuinoa seeds in a wooden spoon shot directly above on wood background. Some seeds are dropped out the spoon. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Foto: iStock


Quinoa adalah sumber protein serbaguna, yang dibutuhkan saat mencoba untuk hamil dan selama kehamilan. Quinoa juga bebas gluten dan bergizi tinggi.


7. Selada

seladaselada Foto: iStock

Selada mengandung vitamin C, vitamin K, kalsium, beta-karoten, zat besi dan yodium. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa selada air memiliki sifat anti kanker dan membantu memperbaiki kerusakan DNA.


8. Labu Kuning

labu kuninglabu kuning Foto: iStock

Labu kuning kaya akan beta-karoten, yang membantu produksi hormon progesteron. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa labu dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

9. Asparagus

asparagusasparagus Foto: Istimewa

Asparagus tinggi vitamin C dan asam folat. Sebuah penelitian menyebutkan asparagus dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.


10. Akar bit

Usia 30 tahun ke atas bagi wanita akan memiliki risiko memiliki anak. Mencoba mengonsumsi akar bit diyakini dapat dijadikan salah satu alternatif agar memiliki anak.

Bit kaya akan nitrat dan merupakan sumber antioksidan resveratrol yang luar biasa, yang dikenal untuk memerangi infertilitas terkait usia.

Selain makanan penyubur kandungan, Anda juga harus menjauhi makanan berikut ini jika ingin hamil:


1. Jauhi Rokok, Alkohol, dan Kafein

Pantangan jika ingin cepat hamil yakni jauhi rokok, alkohol, dan kafein. Rokok tidak baik untuk kesehatan, terutama dalam kesehatan reproduksi tertentu, seperti mempercepat hilangnya sel telur di ovarium.

Bahan kimia dalam rokok mengubah DNA di dalam telur, sehingga tidak memungkinkan untuk pembuahan.

Untuk alkohol, dapat menurunkan gairah seks Anda, dan memengaruhi siklus menstruasi dan kualitas sel telur.

Jika mengonsumsi kafein dalam jumlah besar setiap hari, Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk hamil. Anda bahkan dapat menghadapi risiko keguguran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com