8 Buah Penambah Darah untuk Cegah Anemia pada Ibu Hamil

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 01 Nov 2020 08:00 WIB
Healthy product sources of Fe. Top view, food background, iron ingredients: buckwheat, dried fruit, apple, eggs on a white background. Foto: iStock
Jakarta -

Kondisi kekurangan hemoglobin atau Hb dalam sel darah merah bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah anemia yang secara awam sering disebut kurang darah. Yuk, atasi dengan buah penambah darah ini.

Dalam kondisi anemia tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk mengantarkan oksigen ke berbagai organ tubuh. Sehingga mengalami anemia bisa membuat wajah terlihat pucat dan mudah lelah. Bahkan dalam kondisi paling berat bisa menyebabkan gagal jantung dan kematian.

Penyebab anemia salah satunya kekurangan zat besi dan juga asam folat. Dalam beberapa kasus tergolong ringan, anemia dapat diobati dengan mengubah pola makan.

Menurut ahli gizi dari Bangalore, Dr Anju Sood, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untuk mengisi zat besi dalam tubuh, asam askorbat berperan sebagai pembawa. Menambah asam askorbat atau buah-buahan yang tinggi vitamin C dapat membantu mengatur asupan zat besi dan akhirnya meningkatkan hemoglobin.

Berikut beberapa jenis buah penambah darah untuk ibu hamil yang dilansir dalam NDTV:

1. Delima

Delima atau pomegranate merupakan salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah. Ini adalah sumber zat besi yang kaya akan vitamin A, C dan E. Asam askorbat yang ada dalam buah ini dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah.

Satu gelas jus delima buatan sendiri setiap hari lebih baik daripada jus olahan.

2. Pisang

Buah pisang sangat baik untuk mencegah anemia. Mengandung zat besi, buah ini juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Bersama dengan zat besi, asam folat yang baik merupakan vitamin B komplek yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.

3. Apel

Buah penambah darah dan hb lainnya adalah pisang. Pisang memang dikenal dengan banyak khasiat. Apel adalah sumber zat besi yang kaya dengan komponen ramah kesehatan yang diperlukan untuk merangsang jumlah hemoglobin.

Makan setidaknya satu buah apel beserta dengan kulitnya setiap hari.

4. Prunes

Plum kering mengandung vitamin C dan zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin. Selain itu, plum adalah sumber magnesium yang kaya sehingga dapat menyebabkan peningkatan signifikan dalam stimulasi sel darah merah. Magnesium juga membantu mengatur transportasi oksigen dalam tubuh.

5. Jeruk

Buah penambah darah rendah ialah jeruk. Jeruk mengandung antioksidan dan juga tinggi vitamin C. Zat besi tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh tanpa bantuan vitamin C. Jadi disarankan untuk mengonsumsi satu buah jeruk setiap hari untuk mencegah anemia serta darah rendah.

6. Stroberi

Buah berwarna merah dengan sensasi rasa asam manis juga dikenal tinggi akan vitamin C. Stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu memproduksi sel darah merah. Antioksidan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Buah stroberi bisa jadi pilihan buah penambah darah saat haid.

7. Kurma

Kurma tidak hanya memberikan energi ekstra pada tubuh. Akan tetapi kurma juga mengandung antioksidan yang memiliki manfaat kesehatan. Antioksidan dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas. Kurma mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar haemoglobin di dalam darah sehingga bisa mengatasi anemia.

8. Jambu Biji

Buah penambah darah untuk ibu hamil yang baik salah satunya adalah jambu biji. Jambu biji tinggi vitamin C sehingga bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh lebih optimal.

Selain berperan sebagai makanan atau buah penambah darah, jambu biji juga menjadi obat ampuh untuk penderita demam berdarah dengue.



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)