4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik, Ini Kata Dokter

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 04 Okt 2020 06:00 WIB
Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture
Jakarta -

Menurunkan berat badan dengan hanya makan oatmeal dilakukan banyak orang. Tapi waspadai kesalahan makan oatmeal yang justru bikin berat badan malah naik.

Oatmeal jadi menu sehat pilihan banyak pelaku diet. Berupa bubur gandum yang kaya serat, oatmeal juga bebas lemak jenuh. Biasanya oatmeal disantap sebagai menu sarapan dengan topping buah segar atau kacang-kacangan.

Dikutip dari Healthline (2/10), makan satu setengah cangkir (sekitar 192 gram) oatmeal jenis rolled oat mengandung 2 gram serat pangan, 3 gram protein, dan 0 gram gula. Makan oatmeal juga bisa bantu turunkan tekanan darah dan melancarkan sistem pencernaan.

Meski tergolong makanan sehat, dalam mengonsumsi oatmeal mungkin saja terjadi kesalahan. Dokter Saddam Ismail melalui YouTube-nya (29/9) menjelaskan lebih lanjut.

Berikut 4 kesalahan makan oatmeal yang bikin berat badan malah naik:

1. Porsinya terlalu banyak

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

"Walaupun oatmeal tinggi serat, rendah lemak jenuh, tapi porsinya harus juga porsi diet," jelas dr Saddam. Ia menekankan jangan makan oatmeal terlalu banyak walau penganan ini tergolong sehat.

"Kalau seandainya kekenyangan, tetap saja kalori yang masuk itu banyak. Oatmeal kering itu kelihatannya memang sedikit, tapi kalau diseduh akan jadi lebih padat. Hal inilah yang membuat banyak orang terkecoh," jelasnya lagi.

Untuk mengatasinya, gunakan mangkuk kecil. "Tuang oatmeal penuh nggak apa-apa, tapi pilih yang benar-benar kecil (mangkuknya," kata dr Saddam. Menurutnya ini trik psikologis untuk mengecoh otak kalau Anda sudah makan banyak.

2. Topping oatmeal tidak sehat

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

Banyak orang makan oatmeal dengan topping, tapi mereka kadang malah memilih topping yang tidak sehat. Misalnya selai cokelat, selai kacang, nugget, atau bahkan gorengan.

"Ini justru salah. Walaupun telah makan oatmeal, membantu menurunkan berat badan. Tapi toppingnya tidak sembarangan. Pilihlah topping yang rendah kalori," jelas dr Saddam.

Beberapa diantaranya adalah buah potong dan madu. "Bisa juga kayu manis dan ditambahkan putih telur. Intinya jangan yang tinggi kalori dan tinggi gula," katanya lagi.

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Oatmeal di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Selanjutnya
Halaman
1 2