Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan Cepat dan Mudah

Puti Yasmin - detikFood Sabtu, 03 Okt 2020 06:00 WIB
Minum air putih Foto: iStock/Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan Cepat dan Mudah
Jakarta -

Setiap manusia diwajibkan mengonsumsi air putih setiap harinya demi kesehatan. The British Dietetic Association menyarankan orang dewasa mengonsumsi air putih 2,5 liter per hari demi menjaga cairan tubuh.

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya untuk menurunkan berat badan karena mengandung mineral dan zat seperti seng/zinc, besi, kalsium, hingga magnesium yang dibutuhkan tubuh.Dengan melakukan diet air putih, berat badan seseorang dapat turun beberapa kilo.

Berikut cara diet air putih:

Dikutip dari buku 'Kebaikan Air Putih' karya A S Hamidin, mengonsumsi air putih hangat dapat meningkatkan mekanisme tubuh. Artinya, organ di dalam tubuh dapat bekerja lebih baik, termasuk pada pencernaan.

Hal itu lah yang dapat membuat diet air putih menurunkan berat badan seseorang dengan cepat. Adapun, terdapat dua cara dalam melaksanakan diet air putih.

Pertama adalah dengan mengonsumsi 2 hingga 4 gelas air hangat-hangat kuku pada pagi hari. Mengonsumsi air itu bisa membantu metabolisme pada proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga memperlancar dan mempercepat penurunan berat badan.

Cara yang kedua, yakni minum 2 gelas air putih setiap sebelum makan, baik sarapan, makan siang, maupun malam. Setelah itu, konsumsi makanan seperti biasa karena tubuh akan mengirimkan sinyal 'kenyang' kepada otak.

Sementara itu, menurut spesialis uji kualitas dan ahli terapi RS Saudi-Jerman di Jeddah, Ahmad Abdul Aziz Abdul Mazid mengonsumsi air putih bisa menjaga postur dan kerampingan tubuh. Sedangkan, orang yang jarang mengonsumsi air akan mudah mengalami pengendapan lemak.

Selain itu ada metode diet air putih yang dilakukan dengan hanya mengonsumsi air putih tanpa asupan makanan atau minuman lain. Namun penting sekali melakukan persiapan sebelum melakukannya agar tubuh bisa beradaptasi. Cobalah selama 3-4 hari dengan makan dalam porsi kecil. Lalu saat diet berlangsung, dianjurkan minum air putih hingga 3 liter. Seperti yang dikutip dari Healthline pelaksanaan diet ini tak boleh lebih dari 3 hari. Anda juga membutuhkan pengawasan dokter sepanjang melakukan diet.

Saat akan mengakhiri diet waspadai terjadinya refeeding syndrome yang merupakan kondisi fatal saat tubuh mengalami perubahan cairan dan elektrolit secara cepat. Karena itu disarankan tidak makan besar namun mengonsumsi buah atau makanan kecil. Fase ini bisa dilakukan selama 1-3 hari

Selain ada manfaat bagi tubuh, Anda perlu berhati-hati saat melakukan diet ini. Diet air putih bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar. Misalnya efek samping seperti hipotensi ortostatik atau kondisi penurunan tekanan darah secara mendadak, kemudian dehidrasi, dan kekurangan gizi.

Karena itu jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi sebelum menjalani diet air putih. Sebab, jangka waktu yang dibutuhkan setiap orang demi mendapatkan hasil penurunan berat badan berbeda-beda, ada yang 3 hari, seminggu, maupun beberapa bulan.

Selamat mencoba diet air putih!



Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)