Tambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Sep 2020 06:00 WIB
Tambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak Sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Meracik kopi yang sehat ada triknya. Jangan tambahkan tujuh bahan ini pada racikan kopi karena bisa membuat kalori secangkir kopi lebih tinggi.

Terbiasa minum kopi? Pastikan kamu mengonsumsi kopi yang tepat supaya mendapat manfaat sehat dari minuman berkafein ini. Sebaiknya pilih kopi lokal yang digiling fresh supaya aroma dan rasanya juga lebih nendang. Kamu bisa pilih yang beraroma buah, bunga, hingga kacang. Rasanya pun ada yang lebih seperti mocha atau cokelat.

Setelah memilih jenis kopi yang tepat, perhatikan cara meraciknya. Paling bagus memang mengonsumsi kopi hitam saja, tanpa gula atau pemanis buatan. Hindari memasukkan banyak bahan tambahan untuk meracik kopi.

Apalagi jika bahan itu pemanis yang sifatnya bisa menambah kalori. Nah, alih-alih mendapat manfaat sehat, kamu justru bisa merasakan dampak sebaliknya. Apa saja bahan terlarang untuk meracik kopi?

detikFood merangkum informasinya dari Eat This Not That (Jumat, 11/9) seperti berikut:

1. Krimer instan

Tambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak SehatTambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak Sehat Foto: Shutterstock

Banyak restoran atau coffee shop yang menyediakan krimer instan kemasan yang praktis. Meski bisa membuat kopi lebih gurih dan kental, sebaiknya krimer instan tidak dipakai. Pasalnya, produsen kerap menambahkan zat sintetis sebagai pengawet untuk produk ini.

Salah satu yang sering dipakai adalah natrium fosfat. Meski natrium fosfat tergolong aman dikonsumsi, mengasup terlalu banyak bahan aditif ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Karena itu, lebih baik tidak menambahkan krimer instan sama sekali.

2. Pemanis buatan

Tambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak SehatTambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak Sehat Foto: Shutterstock

Selain krimer, pemanis buatan kerap membuat peminum kopi tergoda untuk menambahkannya. Jenis pemanis buatan ada banyak, termasuk yang menawarkan nol kalori. Tapi bagaimana faktanya? Beberapa penelitian menunjukkan hasil berbeda.

Sebagian ada yang mengaitkan pemanis buatan nol kalori bisa membantu menurunkan berat badan, namun penelitian Harvard Health menemukan sering konsumsi pemanis buatan bisa memicu keinginan mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan lainnya. Sayangnya, makanan kategori ini biasanya minim nutrisi dan berkalori tinggi, sehingga berdampak kurang baik untuk kesehatan jangka panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]