7 Dampak Positif Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 08:00 WIB
Minum kopi untuk kesehatan liver Dampak positif kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Kopi mengandung antioksidan yang tinggi dan juga nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun saat mengonsumsi salah satu minuman yang terpopuler di dunia ini sebaiknya tidak menambahkan gula agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

Dikutip dalam AARP.org, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah penyakit seperti stroke dan kanker jenis tertentu, menurunkan risiko Parkinson dan demensia serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. "Kopi adalah kumpulan senyawa aktif biologis yang luar biasa kuat," ujar Walter Willett, M.D., dari Harvard School of Public Health.

Meski punya efek negatif, ternyata kafein yang terkandung dalam kopi juga memberikan beberapa manfaat seperti penurunan risiko penyakit alzheimer.

Berikut ini beberapa dampak positif dari minum kopi yang perlu diketahui:

1. Kopi Mendukung Kebahagiaan

Ada studi yang menyebutkan bahwa kopi dapat membuat orang lebih bahagia. Dikutip dalam Health, peneliti menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kebahagiaan dan juga ketenangan.

Studi Harvard yang dipublikasikan pada 2011 berjudul "Coffee, caffeine, and risk of depression among women" menemukan bahwa perempuan yang minum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari 20% memiliki risiko depresi lebih rendah.

Minum kopi untuk kesehatan liverMinum kopi untuk kesehatan liver Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

2. Tinggi Antioksidan

Biji kopi mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dikaitkan dengan peningkatan serta perlindungan kesehatan. Kandungan asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti mengurangi peradangan dan memainkan peran kunci dalam perlindungan terhadap penyakit kronis termasuk obesitas.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Dampak positif dari mengonsumsi kopi lainnya adalah meningkatkan daya ingat. Bertambahnya usia dapat mengurangi daya ingat atau disebut pikun. Nah untuk meningkatkan daya ingat bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik

Sedang kurang produktif? Sebaiknya kamu konsumsi kopi ya. Mengkonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 100 persen. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Ini juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

5. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain minum kopi jangan lupa disertai dengan olahraga.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam tanpa gula setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

Minum Kopi Perkecil Risiko Bunuh DiriMinum Kopi Perkecil Risiko Bunuh Diri Foto: iStock

7. Membersihkan perut

Kopi hitam merupakan minuman diuretik sehingga membuat kamu sering buang air kecil. Ketika kamu meminum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri akan mudah keluar dalam bentuk urin.

Selain itu minum kopi bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut serta menjaga sistem pencernaan, itu dikarenakan kopi menstimulasi cairan di dalam lambung sehingga mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)